Ada yang berminat ternak duit dibidang minyak atsiri?


Belum tau minyak atsiri?, minyak atsiri adalah minyak yang berasal dari tumbuh – tumbuhan, berbeda sama minyak yang dihasilkan dari jarak, ketela sama jagung yang mereka semua dijadikan sebagai bahan bakar. Minyak atsiri itu minyak yang punya bau wangi (minyak nilam, cengkeh, kayuputih,melati, mawar kenanga, ylang -ylang dll.), biasanya buat bahan dasar kosmetik, industri farmasi, parfum dll. minyak atsiri terbanyak emang diproduksi di Indonesia (jenisnya) tapi masalah jumlah atau quantitas produksi, masih kalah jauh sama negara – negara lain.

jika teman sekalian ingin ternak duit dibidang perminyak atsirian, maka saya sangat mendukung, karena prospek yang cukup bagus dan keuntungannyapun besar. Mengapa prospeknya bagus dan berkeuntungan besar? karena minyak atsiri ini dibutuhkan terus sepanjang tahun, namun produksinya selalu kurang dari permintaan.

“Apa saja yang dibutuhkan untuk memulai usaha minyak atsiri ini?”

1. lahan, minimal 500 m2.
2. Peralatan penyulingan.
3. bak pendingin.
4. Sumber air.
5. Sumber bahan (bahan baku produksi)
6. modal (tekad, kemauan dan uang tentunya)

“Butuh berapa orang dalam mengerjakan penyulingan minyak atsiri?”

untuk kebutuhan penyulingan 100 kg per hari, 2 orang saja sudah cukup.
untuk kebutuhan penyulingan 1000 kg per hari, 4 orang cukup.

distribusi pegawai paling banyak ada di persiapan bahan baku dan beres – beres waktu selesai nyuling, karena membuang ampas yang ada di ketel.

 “Peralatan apa yang paling bagus untuk penyulingan minyak atsiri ini?”

Ada beberapa alat dan metode untuk melakukan penyulingan minyak atsiri ini, antara lain :

  1. Penyulingan air (kayak masak nasi)
  2. Penyulingan uap air
  3. Penyulingan menggunakan uap bertekanan
  4. Enfleurasi (paakai lemak, biasanya buat kembang – kembangan).
  5. Super Critical Fluid Extraction CO2

Tapi biasanya, rata – rata para pengusaha minyak atsiri menggunakan teknik yang 1 – 3 karena metode ini lebih mudah dan murah untuk diaplikasikan di masyarakat. apabila daerah tempat penyulingan semakin terpencil saya sarankan untukmenggunakan teknik yang paling sederhana.

Peralatan yang digunakan lebih baik yang berbahan baku stainless steel ketimbang pake besi ataupun seng. Mengapa menggunakan stainless? karena persebaran panas lebih merata dan lebih tahan panas dan karat.

“Tanaman apa aja yang dapat di ambil minyaknya?”

Anthurium!!!, nggak ding bercanda.

tanaman yang dapat diambil minyaknya adalah tanaman yang memiliki wangi, baik itu dari daun, batang maupun akar. tanaman yang dapat diambil dan beberapa tanaman yang memang sudah jadi komoditi minyak atsiri antara lain :
1. mawar
2. melati.
3. kayu putih.
4. Adas.
5. nilam.
6. Kemangi.
7. sereh wangi.

Masih banyak lagi tanaman minyak atsiri lainnya Prof.Dr.Hardjono Sastrohamidjojo guru besar Ilmu Kimia UII, pakar minyak atsiri Indonesia – dunia mengatakan ada lebih dari 1000 an jenis tanaman minyak atsiri.

“Kemana pasaran minyak atsiri di Indonesia?”

Pasaran minyak atsiri biasanya sudah ditunggu oleh pengepul-pengepul lokal. ada bermacam – macam kemasan, ada yang minta botolan per mL, ada yang minta drum2an, ada yang minta jerigenan, dan ada yang minta terserah penjual mau dibungkus kayak apa.

“Kalo yang menentukan grade itu apa aja?”

1. putaran optis.
2. Derajat alkohol.
3. P.A (atau kadar utama minyak atsiri)

“Langkah Kerja Penyulingan Minyak Atsiri?”

Pertama mempersiapkan bahan baku, perlu diingat dalam persiapan bahan baku ini adalah proses yang sangat krusial, karena tidak benar dalam proses preparasi maka akan mungkin minyak yang dihasilkan akan sedikit. bahan baku dipetik saat pagi hari hingga pukul 10.00 adalah waktu yang paling baik, dan sore hari pukul 16.00 – 17.30.

Bahan baku diangin – anginkan selama 6 jam ato setengah hari(tapi kalo buat bunga – bungaan harus fresh, nggak perlu diangin – anginin dulu biar wanginya nggak nguap), setelah itu dicacah kecil – kecil, dan dimasukkan kedalam ketel untuk proses selanjutnya (sebelumnya ketel dipanasin biar nggak terlalu lama menunggu)

Proses penyulingan berlangsung 7 – 8 jam kerja. pada awal – awal nyuling nggak usah khawatir minyak nggak keluar, karena semua butuh proses, maka jika minyak belum keluar tungguin aja. Api harus dijaga kestabilannya, supaya minyak yang dihasilkan keluar semua, dan pada jam ke 7 dan ke 8 kalau bisa apinya dibesarkan, biar yang minyak keluar semua (waktu depend on raw yang di distilasi). Setelah minyak keluar siap dimurnikan dari air yang ter-ikut kedalam wadah. seteh itu dikemas. abis selesai, jangan lupa ampasnya dikeluarin dari ketel, lalu ketelnya dibersihin biar nggak cepet rusak. nah ampasnya bisa dijadiakan usaha lainnya yakni kompos.

Ada gambaran untuk  usaha ini ? ato masih bingung itungan investnya gimana?, kirim email sodara ke martsiano@yahoo.com nanti tak share, itung – itung bagi ilmu, tapi kalo aku ada yang salah dalam perhitungannya dikoreksi lho ya!. yuk kita mandiri bikin lapangan kerja sendiri. berdayakan potensi yang kita miliki, berdoa dan tawakal itu pasti. awali semuanya dengan basmallah.

About these ads

178 thoughts on “Ada yang berminat ternak duit dibidang minyak atsiri?

  1. saya mempunyai banyak bunga melati siapa yang membutuhkan uentuk macam macam seperti dekorasi pengantin , kiloan melati ronce dll

  2. kalau bahan bakunya menggunakan bunga sedap malam…, apakah pernah ada yang mencoba menyulingnya? berapa rendemennya? trus teknisnya seperti apa? terima kasih atas tanggapannya

  3. @STARGARDEN
    Untuk sedap malam bisa disuling mas, tapi untuk sampai saat ini saya belum nemu tempat penyulingannya. karena bahan baku sedap malam memang sulit didapat untuk daerah DIY dan Jateng.

    Untuk menyulingnya sama prosesnya dengan yang nilam, cuma bedanya pada proses preparasi bahan baku, kalau tumbuhan keras(nilam, cengkeh dll) perlu diangin- anginkan agar kandungan air dalam tumbuhan tersebut tidak terlalu tinggi. sedangakn untuk bunga – bungaan, maka setelah petik langsung diolah dalam keadaan fresh, hal ini berfungsi agar senyawa wangi – wangian bunga tidak menguap hilang.

    rendemen biasanya kisaran 0.8 – 1.1 tapi rendemen itu tergantung sama preparasinya juga mas, kalo terlalu lama (untuk sedap malam atau bunga2an lain) dalam penjemuran maka akan rendemen yang dihasilkan pun akan lebih sedikit juga.

    @Mansur
    saya ndak nyuling minyak melati mas. saya asli BANTEN tapi sedang kuliah di Jogja jurusan ilmu kimia Universitas Islam Indonesia.

  4. assalamu ‘alaikum..

    saya berminat untuk mengembangkan usaha minyak atsiri. Insya Allah saya ada lahan dan SDM yang cukup di pedesaan. Saya mohon dikirim email tentang prospek, cost production, profit margin, dan marketnya.

    harapan saya, dapat memberikan nilai tambah penghasilan untuk para petani di pedesaan yang banyak menanam cengkeh, sereh, kayu putih, dll.

    terimakasih atas perhatian mas martsiano.. semoga dapat bermanfaat bagi kami.

    wassalam
    sulkhan

  5. mas ano. kalau saya sediakan bahan bakunya kira-kira anda bisa mencoba ngga? saya ada banya bunga sedap malam segar. lokasi di jateng dan DIY. saya tinggal di jogja juga. klo serius silakan email saya. thx

  6. @mas sulkhan
    sori mas belum sempet tak kirim, lagi musim kawin jadi seksi sibuk hehehe

    @stargarden
    per Kg berapa mas?, untuk saat ini alat sulingnya sedang rusak, sekarang juga lagi pesen. jogja sebelah mana mas??

  7. assalamu ‘alaikum..

    saya berminat untuk mengembangkan usaha minyak atsiri. Insya Allah saya ada lahan dan SDM yang cukup di pedesaan. Saya mohon dikirim email tentang prospek, cost production, profit margin, dan marketnya.

    harapan saya, dapat memberikan nilai tambah penghasilan untuk para petani di pedesaan yang banyak menanam cengkeh, sereh, kayu putih, dll.

    terimakasih atas perhatian mas martsiano.. semoga dapat bermanfaat bagi kami.

    wassalam
    SUYADI

  8. mas…, kapan bisa ketemuan untuk follow up penyulingan bunga sedap malam. jangan kuatir.., bahan bakunya banyak. destilasinya pake uap apa vaccum? thank sebelumya.. eh minta nomor telp nya donk..

  9. @teguh stargarden
    kalo deket – deket ini saya belum sempet mas, karena masih sibuk banget dan juga ketel saya belum jadi. hehehe uangna belum turun.

    pake uap air, pake vakum mahalll

  10. mohon bantuannya,kenapa minyak mawar jarang disebut?apa nggak ekonomis?kalau disuling harus bagaimana caranya,berapa harga alatnya dan margin keuntungannya?

    • mas doni ,minyak mawar sangat potensial. margin ya lumayan besar, tpi tehknik penyulingannya sangat khusus dan jenis mawarnya juga khusus yang paling bagus cuma jenis centifiola.damacena triginlitepela ato amercan beauty, klo pingin diskusi lebih panjang silakan aja e mail ke damacena@ymail.com ato contak ke 081335703499 tks

  11. minyak mawar bernilai ekonomis tinggi juga kok mas, tapi saya belum pernah nyuling. cara nyuling pake cara diatas bisa atau pake enfleurasi.

  12. aslmlkm

    saya juga anak uii juga…lg tertarik sama usaha minyak atsiri, kebetulan anak tekim…mas, tau pusat budidaya daun nilam di jogja g? pusat penyulilngannya juga? atau mungkin kenal dengan salah satu pengusaha yang bergerak dlm bidang ini
    mohon replynya y.
    terima kasih sblmnya,

  13. anak Tekim angkatan berapa???? budidaya daun nilam di jogja ndak ada. pusat penyulingan di daerah boyolali dn Jelok, kalo di jogja nanti nunggu punyaku jadi hehehe. salah satu pengusaha di bidang ini adalah ya aku sendiri dan masih ada lagi pak anton di candi KM 12. oke…. kalo mau tau tentang minyak atsiri main ke MIPA jurusan Kimia.

  14. aslmlkm

    angktn 02,kbtln msh d jogja…mau buka usaha, anda sndr angkatan berapa mas?..kenal pak ahmad fauzy?
    kpn saya bisa maen ke mipa? nemuinya dimana?
    saya pengen belajar banyak ttg usaha ini..kbtln ada temen saya di malang yg udah buka. tp terlalu jauh..dan orangnya lg sibuk, jadi saya pgn tau dl..kl di jogja ini keliatannya pasarnya gmn y?

  15. @mas isal : saya angkatan 2004, kalo tanya anak Tekim 2004 insya Alloh kenal sama Ano. pak fauzy tau lah wong itu dekan ku mosok ga tau hehee. maen aja mas di pusat study minyak atsiri, ada pak arso, pak torik, pak jamal, prof harjono, pak tatang. dll.

    di jogja pasar masih terbuka luas karena masih sedikit penyulingnya…

  16. mas martsiano, saya mau tanya…berapa harga pasaran minyak nilam bulan oktober ini? kena pengaruh krisis ekonomi dunia juga gak?

    sekalian saya mau tanya alamat pengepul/eksportir and no telp nya sekalian yang mas tau. saya udah mulai produksi minyak nilam, tapi belum ada pengepul nya.

    terima kasih sebelumnya. di nantikan balasannya y mas…

  17. @dhi-dhiet : sorry mas aku belum ngecek lagi, terakhir masih 875.000/kg bulan september. daerah DIY JATENG.

    pengepul di jogja jl cik di tiro no 21 indaroma. dari bunderan UGM keselatan…kiri jalan. pelan2 nanti kecium bau aroma cengkeh dan atsiri lainnya.

  18. terima kasih mas atas infonya.

    tapi bisa gak minta no tlf nya di jogja? ato mas tau gak alamat pengepul di daerah kalimantan. soale sy petani dr daerah kalimantan timur.

    • mas ano saya ikut nimbrung nih, buat mas arif di kaltim minyak melati dan mawar sangat luar biasa potensial, dikaltim agroklimatnya sanagat mendukung, emang untuk jenis bunga bungaan tehknologinya sangat khusus, klo pingin diskusi panjang tentang penyulingan bunga bungaan e mail aja ke damacena@ymail.com ato kontak ke 081335703499, tks

  19. @arief : minyak melati sangat prospek lho mas. cuman sampai saat ini saya belum begitu detil menangani melati.

    harga perkilonya tergantung dollar, kalo terakhir saya cek (sept 08) 4.500.000 perkilo, cendana 8.000.000 perkilo.

  20. ass.wr.wb

    Salam Kenal buat mas anom

    thanks informasinya, saya lagi tertarik dengan usaha ini kebetulan bahan baku cukup berlimpah.
    semua info yg dibutuh kan sdh saya dapat dari mas anaom, dan akan saya jajaki selanjutnya.

    thanks berat………….
    nedi gumanti
    tuffaahaati@gmail.com

  21. @ tuffaahati : terima kasih dah mampir ke blog ku, tapi saya mau ralat nama saya ano bukan anom. wah selamat berusaha.

    untuk segenap teman2 yang sudah kirim email maaf belum sempet tak bales karena kompi ku di pake adikku di bantul jadi belum sempet tak kasih datanya.

  22. Mas Ano ,saya bermaksud mau bisnis produksi minyak nilam disekitar Surabaya,apakah itu memungkinkan.Terus sarannya ,apa yang harus saya
    lakukan.Untuk penjajakan kira2 daerah mana di Jatim yang ada produsennya,yang bisa saya datangi untuk konsultasi.Terimakasih

  23. @saogie : salam kenal juga. di surabaya bisa juga. coba njenengan ke daerah malang (dampit) dan sektiarnya. disana ada produsen, petani nilam. atau coba hubungi Center of Essential Oil Study Jurusan Ilmu Kimia Univ Islam Indonesia. hubungi pak arso. atau prof. Hardjono.

    @Roexman : nti aku lupa, itu pernah ada kuliahnya, tak cari dulu catatanku. dimana ya?? nti tak upload ke emailmu aja ya…

  24. Mas ano..
    sy tertarik dgn minyak atsiri kemangi, bisa bantu nggak soal budidaya sampe soal penyulingannya apakah sm dgn nilam ? Oh, sekalian harga saat ini dan rendemennya brp? Sorry banyak nanya soalnya aku sulit sekali nyari info soal kemangi..

  25. ass…..
    mas saya tertarik dengan bisnis minyak asiri.
    saya berencana ingin menyuling bunga melati, sedap malam n ylang-ylang. tapi saya sangat awam untuk bisnis ini, tolng minta infonya :
    1. bagaimana proses produksi penyulingan untuk setiap bahan baku tersebut ?
    2.alat yang digunakan untuk skala rumahan ?
    3. berapa modal yang harus disediakan untuk bisnis ini ?
    4.apakah saya bisa belajar langsung proses produksinya di tempat mas ano? kebetulan saya juga alumni UII Fak ekonomi

  26. @salsa : makasih mbak dah mampir, untuk kemangi, proses produksinya hampir sama kayak nilam, persis. sedangkan untuk harga terakhir kemangi kalo nggak salah per Kg 125000,-.

    @Via : udah tak kirim via emal mbak…

  27. saya tertarik dengan usaha minyak atsiri. bisakah saya dikirimi alamat penyuling yang berada di jawa tengah?? saya mau terjun langsung untuk melihat bagaimana caranya..karena saya mencari2 di website tidak pernah ketemu..

    tolong ya..trims bgt..

  28. @sheila : salam kenal, makasih dah mampir ke blogku… oh iya untuk wilayah jawa tengah yang paling deket sama sala tiga, ya di salatiga, tapi aku lupa alamatnya, cuma tau aja jalannya jalan yang mau kearah kopeng ada satu desa yang nyuling minyka atsiri, terus diboyolali, Dn Jelok Cepogo boyolali. selamat mencari alamtnya. ato main ke UII jogja nti tanya tanya sama CEOS UII. cari aja Jurusan Ilmu Kimia Laboratorium terpadu sayap selatan Lt 1

  29. hi mas mo tanya ne boleh ya, kan lagi krisis global emang permintaan minyak atsiri masih banyak??? btw minyak jenis apa ya??? ne pikir mau coba.. hehe nerapi ilmu tekimnya.. :) plus bisa minta tolong perhitungan modal kalo kita mau buka usahanya.. ya home industri aja.. :) tolong ya mas, tqu banyak sebelumnya.. matur nuwun…

  30. @lince : permintaan atsiri masih stabil sampai saat ini, soalnya yang pake kan industri obat2an dan kosmetik yang dipake setiap hari jadi ordernya jalan terus. ulasan trubus yangterbaru ada minyak yang harga 140 jt per Kg. beli aja trubus buat meyakinkan.

    bikin destilator sama pendingin aja mbak. dirancang aja pake aspen dulu jadi nti ketauan berapa cost terbaru. sebagai anak tekim pasti lebih tau. nah masalahnya nanti di bahan bakunya yang fluktuatif harus aktif ikutin pasar. selamat mencoba. nti tak emailin ke email mbak deh p unyaku

  31. Salam kenal.

    Mas saya tertarik pada penyulingan minyak mawar atau melati , mohon pencerahaan /gambaran tehnik dengan ektrasi non polar ?

  32. @mas Arwan Sp: makasih dah mampir blogku mas… udah ambil aja selama itu bermanfaat buat orang lain hehehe.

    @Agung : pertama mas agung nyari yang mau suplai bahan bakunya terlebih dahulu, abis itu kalo sudah dapet, tanyain tu yangmau suplai dalam seminggu bisa berapa kali kirim? dari situ kita bisa tentuin kapasitas produksi kita dan berpengaruh pada pola produksi kita nantinya, sehingga bisa dipikirkan selain mlati apa lagi yang mau disuling sambil nunggu waktu jedanya. kalo udah sekarang tinggal cari alatnya, nah disini menetukan kapasitas alat juga tergantung dari mas agung kemampuan mas agung nyari bahan bakunya, sehingga terjadi efisiensi produksi. nah kalo udah siap alat dan bahan tinggal pekerja dan yang terakhir duitnya, eh salah duit duuan ding hehehe, selamat mencoba.

    @roexman : eh maaf mas roexman belum sempat tak posting… maaf ya tunggu 2 hari lagi

  33. @Roexman :

    oke setelah mengingat dan melihat di lab kemaren (ga perlu buka catetan hehehe). cukup dimaserasi(deirendam) aja deh, setelah dimaserasi maka diuapkan lalu diembunkan itu prinsip dasarnya banget. tapi buat lebih detilnya lihat buku guenter, nanti diterangin panjang lebar, maaf kurang memuaskan. kalo salah dikoreksi yah.

  34. Makasih martsiano, atas informasinya.
    Ini adalagi yg mau saya tanyakan ( hehe boleh kan nambah soalnya masih binun eh bingung). begini kalo melati udah dilarutkan dg larutan non polar, terus udah disaring lalu diuapkan, pertanyaanya? ada gak sih sisa dari penguapan tersebut atau semua ikut nguap.
    sekian dulu pertanyaan daku, nanti kalo adalagi boleh nambah khan?

    makasih banyak

  35. Mas …
    Boleh tanya :
    1. Apa saja bahan baku minyak atsiri ?
    2. Apa saja bahan baku yg ada di daerah Kalimantan Timur
    3. Untuk mesin suling beli dimana ? Nama toko ? Alamat ? Telponnya berapa ? dan Harganya ?
    4. Apakah ada exportir di daerah KalTim ?
    5. Berapa harga jual minyak atsiri ke Exportir ?
    6. Mas ahli sekali tentang minyak atsiri , belajar dimana ? apakah saya juga bisa belajar ilmu tentang minyak atsiri ini ?

    Atas jawaban & kerjasamanya saya ucapkan banyak terima kasih.

  36. @Roexman :
    kalo bisa semua di uapkan, atau di evaporasi gitu mas roexman. dari evaporasi itu nanti terpisah antara larutan non polar sama minyak nya, tapi biasanya untuk minyak bunga2an agak susah misahnya. biasanya jadi satu gitu. oke boleh nambah nanyanya, peke kerupuk juga oke hehehe.

    @Daniel :
    Terima kasih dah mampir di blogku ya hehehe, terus salam kenal juga. boleh tanya kok tenang aja selam masih bisa jawab insyaAlloh ano jawab, kalo ga bisa ya pending dulu. oke aku mulai jawab pertanyaan mas daniel :

    1. bahan bakunya adalah tumbuh2an(daun, biji, akar) yang ditengarai mempunyai minyak atsiri (biasanya yang punya aroma, sudah disebutkan beberapa diatas), terus air, bahan bakar. cukup itu aja buat produksi minyak atsiri. simpel to.

    2. bahan baku di kalimantan timur banyak kok, ada jahe, cendana, ketumbar, sirih,minyak kayu putih, nilam, dan masih banyak lagi sekiranya mas daniel lebi tau kondisi daerah mas daniel.

    3. Untuk membeli mesin sulingnya, mas daniel kalo di kaltim ada yang biasa bikin alat atau las bubut, bisa minta di bikinkan destilator + pendinginnya. atau searching aja ke http://www.indonetwork.co.id cari alat suling, disini banyak sekali yang memproduksi alat atsiri tinggal pilih aja tergantung selera.

    4. Sampai saat ini saya baru tahu exportir daerah jawa dan sumatera saja, tapi coba besok tak cariin yang daerah kalimantan, kebetulan temen saya ada yang dari balik papan.

    5. Harga jual tergantung komoditi
    minyak jeruk 600rb, melati 30jt, mawar 135jt, cendana 8 jt, nilam 1,25jt dan masih banyak lagi komoditi yang lain.

    6. Waduh jadi malu, saya juga masih harus banyak belajar mas. kebetulan di kampus ada kuliah kimia minyak atsiri, tentu bisa mas daniel belajar tentang minyak atsiri. kalo mau ikutan besok kalo nggak salah tanggal 21 December 2008 kampus saya kedatangan tamu dari University Kebangsaan Malaysia, mereka juga mau belajar tentang minyak atsiri. nanti infonya tak e mail kalo tertarik.

    terima kasih dah mampir, sering2 tuker info kalo ada komoditi baru di KALTIM.

  37. Halo…pak martsiano, jumpa lagi

    Gini mas, saya sempat baca di majalah trubus mengenai penyulingan melati dengan cara sederhana, mungkin mas martsiano udah baca juga.
    Moo nambah nih.. 1. kalo kita beli alat solvent extraktor ( kalo salah nulis mohon dikoreksi )..apakah alat ini hanya digunakan untuk proses prendeman dan penyaringan aja, atau sampai proses destilasinya sekalian.

    2. kalo alat penyaring hasil penyulingan ( katakanlah melati) yg digunakan untuk memisahkan minyak dan larutan non polarnya ada gak ya, soalnya dimajalah tersebut untuk menghasikan minyak absolut setelah proses destilasi pertama harus didestilasi ulang.

    sekian dulu pertanyaan daku, mohon pencerahaannya..jangan bosen ya mas

    makasih

  38. @roexman :

    ya jumpa lagi hehehe, alhamdulilah mas roexman ga bosen mampir ke blog saya, jadi blog statsnya kenceng terus wkwkwkwkw.

    1. Solvent ekstraktor, itu ya hanya untuk maserasi saja, sedangkan untuk destilasi, harus pake destilator.

    2. bisa di destilasi ulang, atau mungkin di evaporasi juga mudah2an bisa (belum tak coba) tapi kemungkinan bisa. kalo dengan proses seperti pembuatan teh tarik itu juga belum pernah ada yang nyoba mas, mungkin mas roexman maunyoba, tapi kemungkinan minyak2nya itu berubah jadi ester, jadi wanginya kemungkinan berubah karena si minyak akan terdispersi bersama air (tapi ini baru perkiraan, belum pernah tak coba, sekarang lagi cari bahan baku ke tegal, doakan dapet murah heheheehe).

    semoga bermanfaat, maaf kalo salah ya, tolong koreksi.

  39. Dear mas ano ,

    Terima kasih atas jawabannya !
    Mas boleh dong kalo ada materinya saya mau.

    BTW mau tanya lagi nih :
    1. Mas tau dimana daerah penghasil jahe emprit terutama jawa barat dan banten ?
    2. Kira2 berapa harga mesin yg terkecil dan kapasitas berapa yg terkecil itu ?
    3. Kira2 berapa lama penyulingannya itu berlangsung misal untuk jahe (mulai dr masuk bahan baku sampai jadi minyak asiri)?

    Terima kasih sebelumnya atas jawaban n kerjasamanya.

  40. @Daniel :

    oke nantikalo dah jadi brosurnya tak kasih.

    btw saya juga mau jawab lagi ah, hhihihi.

    1. Jahe emprit paling banyak di lebak banten, terus pandeglang bagian selatan.

    2. Harga tergantung sama tempat pemesanan alat (maaf ga tau banyak,soale ga tau masalah merakit alat), paling kecil skala lab 100 gr juga bisa. untuk industri kalo jahe coba 100 Kg aja mas.

    3. jahe waktu produksi 6 jam.

    semoga bermanfaat

  41. Dear Mas Ano ,

    Terima kasih atas jawabannya.
    Iya saya baru mau mulai usaha ini.

    Semoga bisa langgeng.
    Siapa tahu kalau berhasil saya bisa undang mas ano ke samarinda.

    Iya nanti kalau di kaltim ada komoditi yang bagus pasti saya kasih tahu mas ano deh.

    Salam asiri, semoga mas ano juga sukses terus yah Tuhan memberkati.

    Rgds ,
    Daniel

  42. @tri :
    waalaikum salam, setauku lajagua itu beda deh sama lengkuas. tapi nanti tak cari tau dulu silsilah biologinya, soalnya emang di tiap tempat itu beda beda penyebutannya. maaf kurang memuaskan.

    @Daniel :
    wah selamat berusaha, semoga lancar dan untung. oke kapan – kapan saya ke samarinda. btw temenku ada yang nikah ni besok sabtu tapi dibalik papan. kalo sempet (ada duit hehehehe)boleh mampir ya.

  43. Mas Ano,Sy bu Mira Sunaryo, saat ini tengah tertarik dengan penyulingan minyak atsiri terutama penyulingan bunga-bungaan karena memang senang wangi-wangian. Tapi saya sangat awam dengan proses penyulingan, apakah saya bisa belajar dengan melihat langsung tempat penyulingan mas Ano? Saya dan keluarga tinggal di Semarang, jadi tidak terlalu jauh dengan Jogya. Untuk tahap awal, kemungkinan saya minat untuk menyuling melati, tapi bagaimana dengan ketersediaan bahan bakunya? Apakah bahan bakunya bisa jadi semakin lama semakin sulit mengingat peminat penyuling melati tampaknya semakin banyak?Bisa mas Ano memberikan info nanti lewat alamat email saya alamat petani melati yang terdekat dengan wilayah Semarang?Saya pernah baca, untuk menghasilkan minyak melati,cara yang terbaik itu dilarutkan dengan eter, itu caranya bagaimana? Dan alatnya seperti apa? Dimana saya dapat membeli alatnya dan perkiraan harganya untuk skala rumahan?Saya tunggu jawabannya ya mas di alamat email saya. Terima kasih sebelumnya. Bu Mira Sunaryo.

  44. Assalammualaikum,
    Jumpa lagi mas Ano. gimana kabar dari tegal dapat bahannya baku murah gak? (moga-moga dapat ).

    Gini mas, kalo kita udah destilasi melati dengan pelarut kan hasilnya concrete (bener gak nih tulisan) he he..nah kalo untuk dapat minyak yg absolut kita campur dg alkohol, proses yg enak disaring atau bisa di detilasi ulang gak ya?. terus perbandingan alkohonya berapa?. Seandainya saya detilasi hasilnya
    antara minyak ,alkohol , yg terletak diatas minyaknya atau alkoholnya, atau alkoholnya menguap habis. (perbandingan kalo destilasi uap kan hasilnya minyak diatas air dibawah) kalo salah mohon dibetulakan.

    sekian makasih, nanti sambung lagi

  45. Halo mas ano ,

    Wah , boleh banget tuh !!!
    Tapi sekarang saya lagi di jkt , ngumpul ama keluarga besar, mungkin sampai habis tahun baru !

    Saya balik sekitar tgl 3 atau 4 gitu deh kesana.
    Kalau lagi lewat di Samarinda, rumah saya di Jl.Gerilya no.1D, sebelah warnet X25net.
    Silahkan mampir.

    Salam asiri ,
    Daniel

  46. Halo Mas Ano, materinya dah sy terima, thanks. saya pengin tahu sentra2 bahan baku yang ada di jateng DIY apa saja ya? Terima Kasih.

  47. @ Roexman :

    harganya ga cocok mas roexman, mau cari yang lain lagi nanti. mungkin di daerah saya di pandeglang. tapi kalo harga selisih sedikit terpaksa ambil yang tegal hehehhe.

    sebenere kalo udah dapet absolutnya, proses selanjutnya adalah evaporasi untuk memisahkan bukan malah dicampur lagi. setelah proses evaporasi akan lebih baik jika sesedikit mungkin mendapat perlakuan pemanasan cukup dengan vacuum biar panasnya minimal gitu. soalnya kalo di destilasi lagi menurut guenter akan merusak essential oilnya.

    begitu menurut saya,jadi ga usah dipanasin lagi.

    @Daniel : oke – oke. salam buat keluarga.

    @Nanang : semoga bermanfaat, SDA di DIY dan JATENG nanti saya kirim via email aja ya.

    @BU mira : bu sudah saya email

  48. temu dan sambung lagi…

    gini mas wah aku jadi tambah bingung nih…sekarang ini saya berencana mau cari alat-alat pendungnya mungkin sekala rumahan(lab sederhana). menyambung pertanyaan saya, kalo kita udah dapat dari detilasi pertama kan hasilnya concrete tuh, nah untuk mendapat minyak yg absolutnya nih apa harus dicampur alkohol terus destilasi lagi, atau langsung dievaporasi.
    mas kalo alat evaporai skala lab ada yg jual gak ya?
    mas ano bisa minta lis alat alatnya yg diperlukan gak, kirim ke email ku ya.
    makasih banyak sebelumnya

  49. hallo mas ano

    saya minat sm minyak atsiri,
    1.bs tau ga tempat penyulingan di bogor dan sekitarnya?
    2. kalo alat penyulingan sementara pake drum alumunium ukuran 200lt bs ga? (irit biaya)
    3. brp perbandingan air dalam proses perebusan?
    4. kebetulan daerah saya(citeureup) banyak sakali sereh wangi, gmn cara olahnya mas?
    tolong blsannya, saya butuh bgt nih mas. makasi

  50. @roxman : biasanya para penyuling akan menambah alkohol kemudian di distilasi, namun cara ini kurang tepat karena pelarut dan minyak mempunyai titik didih tipis sehingga nanti kita kehilangan banyak pelarut (akibatnya HPPnya naik). lebih baik langsung di evaporasi setelah dapet absolutnya (abis ditambah alkohol). alat evaporasi skala lab ada yang jual merek buuchi, tapi maaf nggak tau harganya. Maaf juga telat balesnya (soale membandingkan antara guenter dan penyuling indonesia).

    Listnya tak kirim ke email

    @adi : Hallo juga mas adi, saya mencoba menjawab pertanyaan mas adi.

    1. kalo di bogor sendiri saya kurang tau tempatnya maaf.

    2. bisa mas, drumnya dirancang jadi distilator, tapi kayaknya butuh tambah biaya lagi. tapi emang jadi lebih irit.

    3. Perbandingan air, kalo pake sistem rebus itu di jok terus, tapi kalo pake system uap setengah dari bobot suling.

    4. sereh wangi dilayukan dulu, terus dipotong kecil – kecil setelah itu siap disuling.

    sekian dulu mas adi, kalo ada yang mau ditanyakan. oh ya kalo ada sereh wangi saya mau beli 1 ton berapa dikirim sampai kejogja? saya butuh tanggal 21 januari. kalo harga cocok saya beli. terimakasih dah mampir ke blog.

  51. Mas Ano, salam kenal. Panggil saya Bagus sesuai dengan nama depan. Saya sangat tertarik bisnis ini. Tapi perlu informasi yang lebih mendalam dimana saya bisa dapat info tersebut. Dan investasi untuk skala rumahan perlu dana berapa.Terima kasih

    Salam,
    Bagus

  52. mas..saya tertarik untuk mencoba menyuling
    tapi belum dapet tempat yang bikin alat yang sekala kecil, mohon saya dikasih tau tempatnya

  53. mas..
    nie steven dari samarinda…
    kaltim….
    saya maw tanya,, dimana saya bisa mendapatkan ahli yang bisa saya bawa ke samarinda untuk membuatkan alat penyulingan buat saya??
    serta umtul melakukan exploitasi apakah lahan saya cocok untuk menanam melati dsb???
    terima kasih…
    saya akan setia di blog ini

  54. mas, tanya..klo menyuling daun sirih bagusnya pake katel rebus apa uap..?

    ada yang tahu ngk harga terbaru minyak sirih..

    thank’s.

  55. Sebelumnya saya mohon maaf karena saya belakangan ini jarang banget nge net…. maaf menunggu komennya di approve kelamaan akan saya bealesin satu persatu, dimulai dari :

    @roexman :okey selamat mecoba mas roexman…

    @bagus : butuh informasi apa mas bagus? nanti di kampus saya tanggal 21 januari ada workshop penyulingan dan sintesis minyak atsiri. kalo mau dateng aja ke Kampus UII jurusan ilmukimia lab terpadu sayap selatan.

    @mas arief : wah semangat seklai sampai tiga kali kirim, coba tanya ke anekamesin.com disana lengkap alat2nya juga bisa minta spesifikasi sendiri.

    @steven : kalau untuk perawatan tanaman saya kurang mengerti, coba ditanyakan sama teman2 yang dari pertanian. kalau setahu saya tanah kalimantan saat ini banyak ditanami nilam.

    @Rhio : untuk daun sirih lebih bagus pake steam destilator alias pennyulingan uap.

    terima kasih semuanya sudah mengunjungi blog saya…..

  56. Yth Mas Ano,
    Seneng sekali bisa nemu blog nya mas Ano. Aku tinggal di Tangerang. Aku ngebet banget sama penyulingan melati/mawar. Udah pernah nyoba “nyuling” melati pake rice cooker ngikutin majalah trubus, tapi terusnya bingung. Krn kasilnya kok bening semua???
    Tuolong donk mas kasih tau cara nyuling yg bener step by step sampe bener-bener jadi minyak yg standarnya bisa dipasarin, mohon referensiin juga alat-alat yg dibutuhkan (yg skala Rumahan aja). Kirim infonya by e-mail ya Mas, di ernie_vint@yahoo.com. Aku tunggu mas Ano, Terimakasih banyak sebelumnya.

  57. mas untuk menghasilkan 1 kg minyak atsirin mawar dan melati di perlukan lahan seluas berapa hektar??
    saya juga masih bingung gimana cara mendapatkan minyak atsirin dari mawar dan melati.
    bisa minta tolong di kasih taw??
    terima kasih..

  58. Pak Ano, saya tertarik sekali dg teknik penyulingan minyak atsiri, saya tinggal di jakarta. Kira2 dimana saya bisa belajar ttg teknik penyulingan ini? karena kok yg saya liat rata2 lokasinya di seputar yogya…
    atau bapak mungkin punya modul yg bisa dishare ke saya mengenai teknik penyulingan tsb (apakah untuk masing2 komoditas berbeda caranya?) dan apa perlu ada ekstrak tambahan dsb untuk meningkatkan rendemen? untuk mengetest kualitas minyak apakah ada alatnya? mahal kah? krn saya betul2 awam tp saya tertarik sekali.
    dan kalau untuk lokasi jakarta dimana saya bisa peroleh bahan bakunya (bunga2an maupun komoditas lain)
    sbnrnya ada lahan di sekitar sukabumi yg bisa saya manfaatkan untuk budidaya komoditas ini, namun untuk sementara saya ingin menjalankan skala rumahan terlebih dahulu.
    terima kasih saya tunggu infonya ya…

  59. ass…..
    mas saya tertarik dengan bisnis minyak asiri.
    saya berencana ingin menyuling minyak atsiri, tapi saya sangat awam untuk bisnis ini, tolng minta infonya :
    1. bagaimana proses produksi penyulingan untuk setiap bahan baku tersebut ?
    2.alat yang digunakan untuk skala rumahan atau dengan metode yang sederhana penyulingan air?
    3. berapa modal yang harus disediakan untuk bisnis ini ?

  60. Mas Ano, jumpa lagi
    Gini mas kalo minyak melati sama heksan berat jenisnya berat mana?
    kalo menggunakan alat soxhlet extraction, hasilnya sudah concrete atau belum?
    makasih sebelumnya

  61. Dear mas,

    lam kenal, saya dapat info dari trubus disitu perlu ditambahkan pelarut non polar untuk mengikat kandungan minyak melati.apakah demikian mas?dan perbandingan larutan non polarnya 2:1(2 kg non polar:1 kg bahan baku).trus larutan non polar apakah cuma etanol aja?apa yang anda lakukan skr ini sangat membantu jumlah penganguran di indonesia.Tuhan bersama anda.amin

    Regards,

    ramadhan

  62. Assalamu’alaikum…Dik Ano mau dong tawarannya untuk ternak duit di bidang minyak Atsiri. saya juga ingin merubah nasib dengan mencoba menyuling minyak atsiri kecil kecilan/skala rumahan. tapi masih bingung mau menyuling apa dan harus ada pasar yang jelas dll .oh ya Dik Ano pernah bercanda jika Anthurium bisa diambil minyak atsirinya tapi bener lho ada tanaman yang masih kerabat/famili Anthurium yang bisa menghasilkan minyak Atsiri harganya cukup mahal ,malah kabarnya industri di Indonesia masih mengimpor dengan harga per Kg nya jutaan rupiah ,padahal tanaman ini banyak tumbuh liar di indonesia (di sawah,comberan dll)nama tanaman itu ialah Jeringau/Dlingo latinnya Acarus calamus,minyaknya disebut Calamus oil makanya prospeknya cerah jika kita mau memproduksi sendiri, Dik Ano masih banyak lho tanaman tanaman penghasil minyak Atsiri yang potensial untuk dikembangkan /diambil minyaknya misalnya ada minyak kunyit,minyak kencur,minyak temulawak,minyak lengkuas,minyak bangle dan dari empon empon yang lain,masih ada minyak adas,kapulaga,dan masih banyak lagi cari sendiri deh…Indonesia memang kaya akan hasil bumi seperti rempah rempah dll pantas wong londo betah banget jajah kita, sekarangpun kita masih dijajah kok ,maka dari itu marilah kita semua yang baca blog ini sama sama bangkitkan kejayaan minyak Atsiri kita di dunia, Maju terus pantang mundur kalau bukan kita siapa lagi.salah satunya ya njenengan dik Ano..nanti deh saya akan tanya tanya kepada anda yang pakar di bidang kimia atsiri dan semoga ilmu anda menjadi Amal jariyah bagi kita semua Aamiin, oh ya saya dari Solo, ngomong ngomong itu foto bayi siapa sih kok tampaknya lucu banget,bikin gemes he he..jangan jangan foto njenengan waktu bayi,sekian dulu Wassalamu’alaikum…Insya Allah di sambung.

  63. ass…..
    mas saya tertarik dengan bisnis minyak asiri karena di daerah saya (Pemalang Jawa Tengah) merupakan sentra penghasil melati.untuk itu saya minta tolong minta infonya :
    1. bagaimana proses produksi penyulingan untuk setiap metode penyulingan ?
    2.alat yang digunakan untuk skala rumahan ?
    3. kalo boleh saya minta bagan alat/mesin penyuling.
    4.apakah saya bisa belajar langsung proses produksinya di tempat mas ano?

  64. mas saya tertarik dengan bisnis minyak asiri.
    Saya anak FT UNY agkatan 2004.
    . tapi saya sangat awam untuk bisnis ini, tolng minta infonya :
    1. bagaimana proses produksi penyulingan untuk setiap bahan baku tersebut ?
    2.alat yang digunakan untuk skala rumahan dan dimana bisa saya peroleh?
    3.berapa modal yang harus disediakan untuk bisnis ini ?
    4.keuntungan yang diperoleh per kgnya untuk macam-macam minyak atsiri?
    4.bahan baku apa saja yang tersedia di wilayah jogjakarta ini dan dmana bisa memperolehnya dan untuk luar jogja dimana?
    yah segitu deh mas,sori pertanyaannya mborong,tp saya sangat antusias sekali dengan bisnis ini,matur thank you mas…

  65. salam kenal mas..saya dr pknbr-riau..saya tertarik dg minyak atsiri..bs saya minta alamat dan nmr tlp krn saya lg diyogya mau liat alat dan sher

  66. Assalamu’alaikum…salam sejahtera untuk semua,bagaimana ngantuk nunggu jawaban Mas Ano ? mudah mudahan Mas Ano ini masih hidup dan sehat sehat saja..Amiin. bagi pembaca blog ini (daripada bengong) terutama yang tinggal di daerah Solo dan sekitarnya yang barangkali pengin berwirausaha bidang minyak atsiri ,saya ajak deh sama sama bergabung untuk mikir kira kira minyak atsiri apa yang akan di kembangkan serta bersama sama mencari pemasarannya jadi seperti pepatah itu lho bersatu kita teguh bercerai ya dikumpulin.tergantung niat baik kita kok, kalau ada niat buruk ya pasti akan dapat balasannya.email saya: kufah@plasa.com saya tunggu jika anda mau kalau nggak mau ya sudah…wassalam

  67. Assalamualaikum,

    Mas Ano, saya anna di JATIM tertarik dengan penyulingan minyak atsiri. yang ingin saya tanyakan bagaimana dengan pemasaran minyak atsiri yang sudah jadi.?
    dan biaya peralatan na.
    saya tunggu jawaban na, terimakasih.

  68. Waduh udah lama nggak ngeblog nih, maaf – maaf baru sempat membalas pertanyaan teman – teman. buat mas hartanto sorry lho kalo sampe ngantuk segala wkwkwkw.

    buat ernie :

    Menyuling minyak melai atau mawar itu sebenernnya ndak semudah itu. memang prinsipnya sama kaya kalo kita masak pakai rice cooker, tapi perlu ada indak lanjutnnya. untuk mendapatkan minyak melati dibutuhkan bunga yang cukup banyak mengingat rendemen melati sangat kecil 0.1 %.

    Steven :
    untuk mendapatkan 1 Kg minyak melati butuh 1 ton bunga melati yang baru mau mekar.

    @ Farida :

    sebenernya kalo penyulingan di daerah jogja masih sedikit, yang paling banyak ada di jawa tengah dan jawa barat (setahu saya).

    alat untuk mengetes ada seperti GC – MS, Polarimeter, refraktometer dll harganya lumayan yahuud ga pegang buat anak kost seperti saya. solusinya saya titipkan ke laboratorium yang dapat ngetes contoh Lab UII, UGM dll.

    Untuk meningkatkan rendemen, sebenernya memang harus kita awasi bahan baku mulai dari bibitnya, menurut info yang saya dapat didaerah bogor rendemen nilam sampai 5 %, hal tersebut karena perawatan bibit nilam secara terintegritas samapi siap suling. intinya buat ningkatin rendemen kita jug aharus perhatikan bahan bakunya. masalah tambah pelarut nya itu adalah cara untuk mengekstrak minyak lebih banyak dari bahan baku.

    kalo mau didaerah suka bumi, coba cari bahan baku yang deket dengan calon lahan penyulingan…. trims dah mampir.

    @ arief :
    1. metode penyulingan tiap bahan berbeda, jadi setiap bahan memiliki spesifikasi cara menyuling.
    2. kalo alatnya kayak dandang, cuman dikasih tambah saluran untuk ke pendingin.
    3. aduh kalo modal awal tergantung bahan baku yang mau disuling mas, kalo mau nyuling mawar ya perlu banyak duit, tapi intinya coba mas arief cari pasar apa yang paling banyak dicari.

    @roexman : beratan n-hex kalo nggak salah, kata penyuling melati sudah concrete kalo sudah tidak ada aroma n- hexnya, tapi nanti lihat hasil gcnya, coba nanti tak attach ke email sampeyan hasil gc saya kemarin nanti bisa dipelajari.

    @ramadhan :
    trims dah mampir,

    pelarut non polar nggak cuman itu aja, ada n- hexan, Petroleum Eter (PE)/wash bensin dan masih banyak lagi. sedangkan perbandingannya sebenernya setelah praktik yang penting bahan terendam gitu, emanga ada yang bilang 2 : 1, tapi kalo belum ternedam percuma nggak ke ekstrak semua.

    @mas hartanto :
    memang mas, tanaman penghasil minyak atsiri itu banyak. kapan mau main ke tempat saya, atau malah saya boleh main ke tempat mas hartanto??? mana alamatnya, ditunggu, btw sorry saya jarang ke warnet soale lagi cari formula yang tepat buat nyuling jahe, kemaren pas nyuling ketemu juga sama mas nanang.

    @wawan :
    nanti tak kirim via email aja mas bagan dllnya, boleh main ke tempat saya : alamatnya di Dn. Nglempong UKM aroma kimia industri, atau main kekampus UII jurusan kimia, gedung laboratorium, tanya aja sama satpam ano, insya Alloh udah pada kenal semua.

    @jati :
    prosesnya bisa berbeda – beda tergantung jenis bahannya, mungkin kapan bisa YMan atao kopi darat aja, piye? saya di jakal 14.

    @imam : 240 – 280 tapi tergantung daerah juga ding.

    @nina : tak kirim via email

    @ mas hartanto (lagi) : saya dukung mas, kapan mau kumpul – kumpul????

    @ anna:
    waalaikum salam
    pemasaranya biasanya sudah ada pengepul yang menampung. kalo peralatannya kita dapet rancang sendiri atau pesan ke orang lain.

  69. Mas Ano, saya tertarik juga dengan usaha minyak atsiri, khususnya jahe dan tanaman rimpang lainnya, apakah proses penyulingannya sama dengan nilam? Mohon dijelaskan.

    Untuk pemasarannya mohon infonya barangkali ada alamat penampung hasil minyaknya.

    Terima kasih.

  70. Salam kenal mas Ano,

    Aku tertarik untuk bisnis penyulingan minyak mawar. Tapi kok jarang banget disebut, kenapa ya? Bisa tlg kasih aku gambaran berapa biaya produksi,profit margin, prospek dan marketnya?

    Thanks.

  71. @ nining : kalo jahe aku lagi nyari pola yang tepat buat nyari minyak sampai optimum, belum ketemu sampai sekarang. sedang mencoba beberapa hal dari berbagai sumber. yang pasti berbeda dengan nyuling nilam.

    @ Edo : jarang banget yang nyuling mawar, karena bahan baku yang mahal juga mungkin. karena saya belum pernah nyuling mawar nanti tak tanyakan. tunggu kabarnya.

    bagi teman – teman yang belum dapat jawaban mohon sabar karena akhir – akhir ini saya sedang ndak sempat ke warnet. ada yang bisa bantu atau ada ide gimana menyuling jahe lebih optimal????

  72. @suyud : dapet info dari penyuling2 yang sudah berpengalaman mas, ato bisa tanya2 ke dewan atsiri, atau bisa juga gabung forum minyak atsiri.

    yang jelas sebelum terjun pelajari dulu seluk beluknya mulai dari mendapatkan bahan, penangan bahan, penyulingan, pasca penyulingan, penanganan limbah.

    tapi tidak menutup kemungkinan belajar sambil jalan (tapi baiya yang dikeluarkan lebih besar heheh)

  73. Salam kangen Mas Ano.

    Saya baru aja lulus penataran atsiri ini oleh salah satu Pelatihan di Jakarta.

    BTW mohon infonya bila mas ano atau ada yg pernah suling atau tahu ttg Bahan Baku
    ini :
    1. Kencur
    2. Laja Merah

    yang saya ingin tahu adalah tentang :
    1. Berapa rendemen nya ?
    2. Berapa kisaran harga beli (basah/kering) dan jual (ke exportir
    aja dulu) ?
    3. Apakah keduanya marketable ? sebab 2 bahan tsb banyak ada di
    daerah tempat saya tinggal ?

    Sebelumnya terima kasih atas info dan kerjasamanya. Semoga selain
    membantu saya juga berguna untuk referensi bagi yang lainnya.

    Salam sejahtera n sukses ber Atsiri ,
    Daniel

  74. @Daniel : aduduuh dikangenin senenge….

    sementara ini yang baru saya suling dari keluarga rimpang adalah jahe dan temulawak, untuk kencur dan laja merah saya belum pernah coba.

    masalah marketablenya saat ini komoditi kencur dan laja merah mungkin masih susah, mengingat kedua komoditi tersebut adalah penghasil minyak atsiri golongan tersier (jurnal BAlittro tahunnya lupa).

    nanti saya carikan teman yang sudah nyuling. semangat mas.

  75. Wah terima kasih atas jawabannya.

    Begitu ya. Kalau begitu bgmn dgn Sirih ?
    Bagaimana pasarannya ? Apakah menjanjikan ?

    Thanx loh, btw lagi sibuk apa nih sekarang ?

    Best Regards ,
    Daniel

  76. Salam kenal
    Mas Ano, sy tertarik dg bisnis atsiri ini, utk lebih mengenal ttg bisnis ini apa boleh sy minta no hp/telp Mas Ano? Spy sy bisa kontak langsung ke hp/telpnya Mas Ano. Sy tunggu balasannya.
    Trmksh, Mas.

  77. malam mas ano, apa kabar, semoga selalu dlm keadaan sehat dan baik. mas, saya mau tanya kalo utk Lajagoa rendemen basah berapa dan rendemen kering berapa yah mas ? Thanks mas Ano.

  78. sapa yang tau penjual bunga melati rangkai disamarinda untuk pernikahan????brp harganya???klw ada yg tau hub. 081347448230

  79. Pagi mas Ano,
    Sy dr Sidoarjo n sangat berminat untuk usaha minyak asiri ini tapi masih nol-puthul mas. Bisa tdk mas saya di infokan ttg:
    – proses penyulingan (khususnya untuk jahe, kencur dan melati)
    – analisa biaya untuk skala rumah tangga
    – dimana saya bisa memperoleh alat2 untuk penyulingan tersebut?

    Terimakasih banyak mas, semoga kemurahan mas Ano berbagi ilmu memperoleh balasan yang berlipat dari Allah.

    Salam,

  80. Wah mas ano jadi rebutan nih…
    mas, aku tertarik dgn usaha ini, aku mau nyoba serius menggeluti , boleh dong belajar sm mas ano,
    kapan nih bisa ketemu , tukar pikiran. kalao ukm aroma itu di nglempongsari – monjali itu ya..
    wah kebetulan aku di jogja eh mbantul ding. itung 2 ntar bisa memberdayakan hasil bumi sekitar mas, tolong dibantu ya….tolong dong mas kirim info selengkapnya di emailku stsantama@gmail.com
    maturnuwun

  81. Wah gile….banyak banget ya yang minat bergelut dengan minyak terbang…..coba deh cari majalah trubus (di book shopping samping kantor pos besar>>>deket alun2 utara kraton jogja),kemarin2 iseng tengok2 disono,dapet juga edisi lawas majalah trubus yang ngebahas tentang minyak atsiri,bahkan ada edisi yang ngejelasin tentang proses penyuling minyak mawar yang katanye nih harga per kg nya 140 jt….(buat modal pacaran + nikah mantep…hehehhe2x),btw nte semua anak kimia UII ya,omong ama dosen2 lu pde aja,suruh bikin pelatihan cara menyuling minyak atsiri..(soalnye memang kudu belajar nd ndak bisa sembarangan)…sukses ye!!!!!

  82. Assalamu’alaikum,..Mas Ano ..berapa sih harga minyak atsiri bunga Sedap malam ? untuk 100 ml atau jika 1 liter ? tahu nggak di mana mencari bibit bunga sedap malam type mexican single/ yang berbunga tunggal ? matur nuwun sebelumnya..

  83. salam kenal mas matsiano.
    terima kasih ya infonya. kebetulan saya juga pernah diajar kuliah sama Prof.Hardjono 4 tahun lalu. bukan mengulas minyak atsiri tp hanya kimia dasar. untuk kuliah minyak atsiri, di tempat saya hanya untuk anak S2, belom ada kesempatan untuk anak S1 hiks..hiks..
    saya mau produksi minyak jahe. yang saya mau tanyakan
    1.kalo di daerah jogja, di sekitar mana ya, yang banyak jahe emprit?
    2.apa benar bisa menjual minyak jahe di jln cik di tiro? emang sih kalo lewat jln itu, baunya wangi.
    3.kalo ketel uapnya mending pake bahan stainless teel pa aluminium aja mas? lalu komposisi isolator pada ketel uap apa aja ya mas?
    4.minyak jahe itu ada pada buku karangan Guenther yang edisi berapa ya mas? pusing aku, bukunya buanyak bgt. tp mending yang terjemahan Ketaren,,,ya kan?!

    makasih bgt ya mas atas info dan atas dijawabnya pertanyaanku.he..he..buanyak ya tanyanya

    • hehehe muridnya prof. hardjono juga ya…

      saya mau jawab ni yak :
      1. jahe emprit paling banyak ada didaerah kulon progo dan wonosari.
      2. bisa saja jual disana, tapi mungkin harganya agak turun.
      3. kalo untuk bahan sih bagusnya stainless steel, isolator supaya panas ndak keluar biasanya pake glas wool atau kalo mau ngirit pake goni(yang ini pernah dilakukan prof. beberapa dekade yang lalu).
      4. kalo buku guenthernya aku kurang tau, di UGM lebih lengkap.

      sama2 jadi ketempatku kapan????

  84. Pagi mas,sy mohon informasi ttng proses penyulingan minyak atsiri sirih, dimana tempat pemasaran minyak atsiri sirih d kalbar,dan analisa biaya pembuatan minyak atsiri sirih skala rumah tangga
    Trima kasih mas atas ilmu nya.

    • untuk menyuling sirih, siapkan daunsirih yang sudah tua, lalu diangin -anginkan sebentar, setelah itu dirajang – rajang kecil kemudian disuling.

      untuk persiapan skala rumah tangga mungkin sudah banyak yang tanya diatas, sebenernya hampir sama, kita tinggal pesan alatnnya dengan kapasitas yang kita kehendaki. begitu mbak lily.

  85. bisa g kirimin skema alat penyulingan,aku juga mau buat tapi g tahu caranya, mau beli g ada duit,,,
    trus dimana bisa jual minyak sirih?aku juga mau tahu gimana cara proses penyelingan minyak sirih yang baik?…
    terima ksih ya
    ditunggu infonya secepatnya

  86. Assalamu’alaikum…Mas Teguh dari Stargarden belum tentu mau kok..nggak tahu deh dia punya nggak bibit sedap malam berbunga tunggal…untuk Si Ano fotomu di rumah sakit itu, ya ampun…kacian..deh lu…makanya badan dijaga kesehatannya ,sehat adalah karunia Allah yang tidak bisa diganti dng uang.saya juga pernah sakit kepala dengan gejala gejala seperti kesetrum di telinga,jika buat sujud rasanya sakit,jika sore seperti demam..gitu deh,jika kumat biasanya saya cekokin wedang jahe segar , akan sembuh sendiri, gitu lho ..kalau penyakitmu gejalanya gimana ? oh ya antum mau ekspor minyak Atsiri ke Timteng wah ana setuju banget tuh .tetafi ana bisa bantu apa ya…tenaga ana buat kerja kasar juga bisa..karena saat ini pekerjaan ana juga kasar kok nggak percaya ? bisa dibuktikan..berhubung saya bukan tetanggamu yang rewel boleh dong baca blogmu…sekian dulu ya.. capek ngetiknya Wassalam

  87. Askum mas,

    Saya tertarik untuk coba usaha minyak atsiri, mohon informasi atau referensi tentang cara pengolahan, modal serta bahan baku.Apakah cara pengolahan untuk masing-masing bahan sama atau berbeda. Mohon informasinya, soalnya saya baru mencoba untuk belajar pengolahan minyak atsiri.

    Terimakasih mas,…

  88. Thanks semuanya maaf telat bales, ngurusin pala sama ngurus kepala nih…

    @alfi : belum punya modal juga ga papa, cari tau aja dulu ilmunya sama teman – teman yang lain jadi begitu punya modal tinggal aplikasi ilmunya hehehe,boleh nanti tak kirimi skema viaemailaja

    @mas Hartanto : hehehe nanti tak coba mas…

    @sewaapartemen : coba ditawarkan di forum ini siapa tau ada yang mau.

    @alyadi : bisa dibacadiatas mas,sama komen2nya juga banyak yang tanyaseperti pertanyaan mas alyadi. kalomasih bingung bisa kontak saya

    @yani :makanya yanto jugaikutan nulis tuh blognya diperbaharui

  89. salam kenal…
    massaya mo tany, dah beberapa hari ne sayanyari2 literatur tenteng fraksinasi daun sereh…
    saya mo tanya pada suhu berapasajakah senyawa organikdalam mintak sereh akan terpisahkan,,,
    nemosaya pake buat tugas TM saya,,,
    saya mo lkakuin distilasi fraksinasi dari minyak sereh tersebut…
    thanks b4

  90. @bowo : kalo penyuling di lampung saya kurang tahu maaf ya mas, mungkin tanya langsung ke DAI biasanay langsung di bales

    @lina : untuk sereh dibedakan menjadi dua yakni sereh wangi dan sereh dapur. nah kandungan keduanyapun berbeda. namun biasanya yang dicari dari sereh wangi yang mengadung citronelal. sedangkan yang ada pada sereh dapur senyawa citral. untuk fraksinasi bisa saja dilakukan. selamat mencoba.

  91. mas trims karna telah menjawab pertanyaan saya,….
    mas nartsiano,, btw klo mo nyari tumbuhan sereh wangi di jogja tu dmn y? saya dapat tugas untuk destilaasi uap daun sereh,, dah hampir 2 minggu ne saya tanya2, dan cari informasi keberadaan tumbuhan itu tapi belum ketemu jga,,, dimohon informasinya y…
    Thanks B4

  92. Mas, saya mau coba skala lab., bisa kasih saran alat2 yang diperlukan ? Kalau pakai solvent baiknya pakai solvent apa ya?

    Thanks

  93. Mas, saya mau coba penyulingan skala lab, bisa kasih saran alat2 yang diperlukan/
    Dan kira2 solvent yang dipakai apa ya?
    Thanks

  94. ass…
    salam kenal semuanya, saya baru kenal minyak atsiri ini akhir2 tahun 2008an. saya tertarik banget buat mulai usaha ini tapi koq baca2 n cari2 info masalahnya mentok ma bahan baku yang kurang.saya dari depok jabar, kayanya disini bahan baku apapun minim banget ya… kalo mau mulai nanam sendiri ga mungkin, dananya bisa bengkak. sekarang kayanya mau nyoba bantu jualin aja, kebetulan ada temen di cina yang mau bantuin cari info bisa jual bagus ga disana.. kalo ada info2 yang menarik mengenai atsiri tolong di email dong ke titinsetiani@yahoo.co.id thanks ya..

  95. Maaf baru bales soale abru keluar dari RS lagi :
    @ lina : sereh banyak di jogja, coba ke beringharjo aja minta sereh plus daunnya, atau biasanya nebas ke pengepul sereh, coba cari ke dusun karang sari di timur stadion maguwoharjo tanya yang suka nebas sereh

    @Sunarto :
    alat – alat yang dibutuhkan :
    1. labu alas bulat
    2. magnetic stirer
    3. gelas beker
    4. pengaduk gelas
    5. corong pisah
    6 rotavapor

    pelarutnya bisa pilih : nHExan, PE, isobutil keton

  96. Salam kenal,

    Saat ini saya punya lahan untuk bunga melati. sementara hasil perhari masih 1/2 kg. dan terus meningkat. 3 bulan lagi mungkin udah 3 – 5 kg.
    Mau tanya alat penyuling melati dan harga untuk kapasitas tersebut. (kemungkinan besar masih bisa cari bahan baku sampai 10 kg per hari).

    info tentang penyulingan yang saya dapat dari mencari-cari dimana2 masih minim.

    dan kalo ada minta alamat penyuling minyak melati yang Mas Ano kenal.
    kalo bisa balas via Email.

    terima kasih.

  97. assalam, mas ano salam kenal, saya kpengen dikirimi bgmn menyuling jahe dan cengkeh, trims infonya ya maz..wassalam

  98. assalam. mas ini bowo dilampung mau minta tolong nich mas! mas tolong sich kasih tau cara nyuling jahe ? klo harga minyak nilam sekarang sampe berapa mas ya? alamat pengepul minyak sirih di jawa dan harga sekarang ?

  99. Saya tertarik dengan usaha penyulingan minyak atsiri. Dan yang ingin saya geluti adalah penyulingan minyak atsiri mawar dan melati. Tapi sebelum terjun ke usaha ini, saya ingin melakukan study banding terlebih dahulu. Jadi kalau Mas mengetahui tempat penyulingan bunga mawar dan melati baik di Jateng atau tempat lainnya, tolong bisa diinformasikan ke saya. Terima kasih atas bantuannya.

    • bisa dilihat di trubus pak herman. ada beberapa penyulingan di jawa tengah namun saya kurang tahu alamat persisnya ada di purwokerto (melati gambir), blora.

  100. wah enak bacanya …. ga terlalu serius…. boleh donkz share knowledgenya ama ogut…. btw masih berjalan sekarang nyuling minyak nya? dah sampe level mana nih… jgn lupa di share juga yah… ogut dr bdg nih…..
    salam kenal brur…

  101. hi.. mo kasih info buat yang nyari tmpt ngejual minyak atsiri, bisa liat di http://www.atsiri-indonesia.com , disitu ad daftarnya kq..

    oia mas ano, aq boleh tanya ada buku ttg nyuling mawar yang lengkaaaaaap banget g?
    pengen ngedalemin bunga mawar sblm usaha..
    ato siapa tau mas ano nulis buku ttg mawar juga, soalnya jago banget kyanya =p

    • iya aku juga sering masuk situs itu kok…

      nyuling mawa bukunya guenther itu lho cukup lengkap seri geranium. kalo saya masih jauh dari benak untuk nulis, cukup di blog aja hehehe

  102. mas saya ada d jatim berminat banget dengan usaha di bidang minyak atsiri ini.. tolong dong jelasin step2 yang harus saya lakukan untuk usaha ini… mulai dari jenis2 bahan bakunya apa saja, kemudian cairan kimia apa yang harus di campurkan begitupula perbandingan dan prosesnya sampai jadi minyak siap jual ???? duhhh berminat banget nihhhh

  103. Wah saya tertarik sekali dengan artikel Anda. Apakah saya boleh minta cara-cara penyulingan minyak atsiri bunga mawar secar lebih lengkap? Dan bagai manakah prospeknya?
    Kalo boleh tolong kirim penjelasan dari Anda ke e-mail saya.
    Terimakasih banyak.

  104. ass wr wb ,salam kenal mas ano…saya budi dr palembang
    singkat saja saya punya lahan cukup luas kira2 mas ano mau ga kerjasama…?? kita bagi hasil…:) kl mas mau tlg khbarin saya..wasallam

  105. saya mau menawarkan kerja sama ,, jual pupuk kambing,pakis media tanam,sesek bambu, daun sirih,kayu mahoni,, dengan jumlah besar yang berminat hub 081336731282,, thanks

  106. Assalamu’alaikum

    Mas Ano yang baik, sudah lama saya ingin berbisnis minyak atsiri, tapi belum pernah mandapatkan gambaran yang memuaskan. Saya tertarik dengan bisnis minyak asiri dari bunga mawar dan melati. Seorang teman menyarankan untuk menyuling nilam. Menurut Mas Ano mana yang lebih prospektif, minyak atsiri dari bunga atau nilam? makasih loh mas atas infonya…

    Selain itu karena saya sangat awam untuk bisnis ini, tolng minta infonya :

    1. bagaimana proses produksi penyulingan untuk setiap bahan baku tersebut ?

    2.alat yang digunakan untuk skala rumahan ?

    3. berapa modal yang harus disediakan untuk bisnis ini ?

    4.apakah saya bisa belajar langsung proses produksinya di tempat mas ano?

    Terima kasih banyak sebelumnya mas….

  107. ass. saya sangat tertarik dengan pembuatan minyak atsiri
    tapi saya masih sangat awam dengan hal ini.
    mohon infonya mas
    email saya (btoopoe@gmail.com)
    serta modal yang di butuhin untuk bisnis skala kecil (rumahan).
    trims sebelumnya mas

  108. Mas,

    Saya ingin bisnis minyak atsiri tapi saya nggak tau gimana cara dapet bahan baku, prosedur penyulingan n pemasarannya.
    Rasanya saya perlu training or workshop dulu untuk memulai usaha ini.
    Mas bisa kasih info mengenai prosedur penyulingan n bahan bakunya ?

    • bisnis minyak atsiri nanti ada pelatihannya di Universitas Islam Indonesia tanggal 4 Juli 2011bayarnya cuma 500ribu. atau kalo mau berminat yang skala rumah tangga main ke tempat saya di jalan wonosari KM 7.3 DK Mantup RT 13 082138412529

  109. bos, saya coba suling mawar, tp caranya bunga mawar sya rendam dulu dng alkohol 97% trus didapat cairan bewarna merah, habis itu sya suling dengan media air untuk memanaskan alkoholnya.. hasilnya ada cairan yg berwarna merah tua berbau mawar… tapi untuk mendapatkan minyak jernih belum bisa? mhn bantuan infonya tlg kirim ke Juliansaputra83@gmail.com. thx

  110. Halo mas nama saya taufik dari medan
    Saya banyak stok jahe emprit dan jahe merah
    Saya ingin belajar mengenai penyulingan minyak jahe dan brapa biaya beli alat nya
    Trimakasih

    • Proses ekstraksi bunga melati. Bahan baku dengan rendemen terbaik adalah bunga yang fresh dipetik (kalau bisa malam) ataupun yg jatuh dr pohon. Proses pertama adalah melarutkan bahan bunga melati (tentunya sdh dipotong kecil2) dilarutan berbahan pelarut hydrocarbon (n-hexane). Jika peralatannya hanya bisa merendam prosesnya 24jam, tapi jika memakai agitasi 3-4jam. Setelah itu cairan/larutannya disaring untuk kemudian dikonsentrasikan melalui penyulingan. Dari proses ini akan dihasilkan material kental yg mengandung minyak absolute (bukan minyak atsiri) dan lilin, material ini biasa disebut jasmine concrete (sdh layak jual). Selanjutnya concrete dilarutkan di alkohol 99% untuk melarutkan minyak absolutenya, lilin tdk akan larut lalu disaring dan kembali disuling pakai vacuum. Minyak yg dihasilkan dgn cara ini disebut jasmine absolute, contoh yg lain adalah rose absolute. Minyak atsiri dihasilkan dari proses yg menggunakan uap. 1kg bunga kamoboja menghasilkan 0,8-0,9ml jasmine absolute. Tks Budiarto Cilegon – 0813.8812.6802.

  111. Mohon maaf sekali pak Ano, 1kg bunga melati fresh akan menghasilkan 200-250gr concrete. Tergantung kandungan bahan dan proses ekstraksinya, akan menghasilkan absolute 40-60% dr concrete. Tks

  112. salam kenal mas ano ….. sy sangat tertarik dg minyak atsiri …. sd baca2 ttg penyulingannya tp blm ngeh jg ….. gmn kl mau belajar dg mas ano apa hrs ke jogya, sy tinggal di band aceh, mksh

    • bisa bu, atau mau ikut pelatiha sehari bareng Pusat Study Minyak Atsiri di Universitas Islam Indonesia nanti tanggal 24 Oktober 2013

  113. mas… rmh sy juga yogya, tp sy berkerja di surabaya, sy punya kulit kayu masohi yg baunya sangat wangi dan enak. kalo mas martsiano berminat akan sy bawa contohnya sewaktu sy pulang ke jogya. dan bs anda uji coba untuk di suling… perlu diketahui hrg kulit kayu masohi sangat mahal krn carinya susah masuk ke pelosok hutan belantara, bahkan smp berhadapan dng binatang buas… hehehe… untung yg nyari gak diterkam…oke klo minat nanti pulang desa aq bawakan contohnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s