menyuling jahe


Jahe yang akan kita suling adalah jahe emprit atau sering di sebut jahe putih kecil. mengapa memilih jahe jenis ini??? karena jahe jenis ini kandungan minyak paling banyak diantara beberapa jenis lainnya.

Kandungan kimianya yang utama adalah zingiberen dan kamfen.

Pada percobaan yang telah saya lakukan saya telah melakukan beberapa kali percobaan dan beberapa kali variasi perlakuan, antara lain :

  1. parut rebus
  2. parut steam
  3. rajang steam
  4. rajang rebus
  5. rajang kukus
  6. gepruk rebus
  7. gepruk steam

Dari hasil percobaan didapati parut rebus memiliki spesifikasi yang sesuai dengan spesifikasi Europe Essential Oil Association. Putaran optik yang dihasikan dari sitem rebus ini diperoleh negatif, berbeda jika menggunakan cara steam distillasi, akan didapatkan putaran optik positif. Selain itu, warna yang dihasilkan dari sistem rebus adalah light yellow, atau kuning jernih aromanya kuat namun lembut. Untuk Sistem steam distilatsi, warna minyak coklat gelap aroma “nyegrak”.

Namun kendala yang ada adalah, untuk proses rebus harus menghadapi kendala gosong, karena material langsung bersentuhan dengan pantat ketel, hal ini disebabkan karena bahan tidak bergerak. Solusi untuk sistem rebus ini dapat diganti dengan sistem Hidroagitasi atau menambahkan pemutar ke dalam ketel bahan baku. Rendemen yang dihasikan 4 Jam sebelum gosong adalah 0.7 % setelah gosong masih didapatkan minyak hingga 0.6% jadi total minyak 1.3% jika tidak gosong semua.

Jadi dari 100 Kg bahan baku jahe segar akan mendapatkan 1.3 Kg minyak jahe. Jika harga bahan baku jahe emprit per Kg Rp 5000,- maka untuk 100 Kg membutuhkan biaya Rp 500.000,- dan untuk biaya suling (bahan bakar, pekerja packing) Rp 150.000,- jadi total biaya produksi Rp 650.000,- harga jual minyak jahe dengan tipe ini per Kg Rp 800.000,-(harga dari salah satu eksportir di semarang) jadi hasil yang diperoleh dari 100 Kg minyak jahe dengan sistem rebus Rp 1.040.000,- keuntungan bersih sekitar Rp 390.000,-.

Berbeda dengan menyuling jahe dengan sistem steam, dari jahe segar hanya akan didapatkan 0.3% rendemen minyak, karena pada proses distilasi ini, uap panas menyebabkan aglutinasi pada jahe sehingga menyebabkan terhalangnya minyak terbawa oleh uap. Namun jika menyuling ampas jahe tumbuk yang sudah dikeringkan akan diperoleh rendemen 2.8% (kalo Balittro katanya bisa sampai 3%). aroma yang dihasilkan sedikit lebih manis. warnanya coklat gelap. harga pasaran untuk minyak jenis ini kisaran Rp 400.000,- hingga Rp 550.000,-.

Asumsi jika kita membeli ampas jahe dari limbah industri jamu per Kg Rp 500,- susut 20% per/kg karena kehilangan air jadi untuk 1 Kg bersih butuh Rp 600,- untuk 100 Kg Rp 60.000,- biaya penyulingan bahan bakar, packing dan pekerja Rp 320.000 (biaya disini akan lebih efisien jika menyuling tidak hanya 100 Kg). total biaya produksi adalah Rp 380.000,- Asumsi rendemen 2.8% maka dari 100 Kg kita mendapatkan minyak jahe sebanyak 2.8 Kg harga per Kg kita ambil yang paling rendah yakni Rp 400.000,-, maka kita memperoleh hasil sebanyak Rp 1.120.000,-. Untung yang didapat lumayan juga, namun biaya bahan baku terkadang melambung tinggi. harga diatas asumsi pabrik jamu jogjakarta khususnya daerah Sleman dan Bantul (ada juga yang ngasih gratisan).

berikut gambar hasil percobaan yang telah saya lakukan :

buat-blog1jahe yang gosong

namun selain minyaknya, jahe juga dapat diambil oleoresin dan patinya, untuk memperoleh oleoresin jahe diekstrak dengan pelarut menguap. sedangkan untuk patinya di press dengan fisik. keduanya juga mempunyai nilai ekonomis yang bagus, tidak kalah dengan minyak jahe.

Kendalanya adalah memperoleh bahan baku jahe yang sesuai dengan kualitas yang kita butuhkan, mengingat terkadang terdapat jahe lain jenis yang ikut tersuling.

Jadi, ada yang mau nyulinga jahe???? mau? mau ?

About these ads

66 thoughts on “menyuling jahe

  1. om… mau tanya jikalau pake steam dan masih gosonk piye???

    bukannya steam itu memanfaatkan uap kering dari air, sedangkan jahe apabila dipanaskan dengan uap kering malah terjadi kegosongan?????

    nah gimana tuh???
    solusinya gimana???

    kalo pake ekstraksi pelarut gmn??
    dan bagaimana???
    apa yang terjadi???

    truzz secara prinsip ekonomi apakah masuk dalam daftar yang dicari2 oleh buyer, khan… klo produksi yang paling penting adalah kualitas….

    kalo kuantitaasnya mencukupi tapi kualitasnya jelek piye mohon solusinya????

    OK……… KEEP ON WRITING

  2. wah,berguna bgt informsinx thx y…

    btw, q jg lg ngerjain penelitian ttg minyak jahe, bisa bagi informasi g ttg sni minyak jahe??

  3. mas martsiano dan mas oki dimana alamat penyulingannya kita sudah mencoba penyulingan jahe tapi masih belum maksimal hasilnya…
    tolong di share proses and skema penyulingan yg bisa menghasilkan minyak jahe dengan hasil yang bagus

    Thanks atas perhatiannya

  4. mas,
    bagi info dong gimana si caranya kita bisa mendapatkan rendemen tinggi saat musim ujan???
    klo musim hujan kan kualitas jahe menurun,jadi rendemen juga turun…

    makasih

  5. Bisakah saya mendapatkan tulisan tentang steam jahe yang bapak tulis lewat email saya :edlisanth@gmail.com, terima kasih.

  6. Mas apa masih d jogja??saya pengen belajar langsung dengan mas tentang atsiri jahe mas…
    trims sebelumnya mas..

    • ya untuk saat ini (saat harga jahe sedang melambung) mau menggunakan proses apapun harganya ndak masuk, kecuali bisa dapet harga jahe di bawah 5000. kecuali mau menggunakan ampas jahe

      senang bisa berbagi…

      • Bagi yg berminat utk membeli ampas jahe emprit, silahkan hubungi saya di 081294369587(Rama). Semoga bisa bermanfaat…

      • salam kenal mas ano,
        saya budi apa saya bisa ketemu dg mas ano ? skrg alamatnya dimana? klo boleh minta no hp. ini no saya 081327131568 atau 0817710666, saya berniat untuk nyuling, tq

        budi

  7. Mas, dimana aku bs beli minyak jahe ya?,di denpasar aku biasanya pake untuk massage oil di spa tp disini harganya sd 1,4 jt, mahal
    Tak tnggu infonya

  8. Kami dari “hikmah atsiri”di kab mamuju utara,sulawesi barat,ingin memproduksi myk jahe,emprit dan jahe merah,tapi belum tau pasaran minyaknya di sulawesi,bisa nggak para rekan pengelolah myk jahe,sms kan di 085397411451, alamat esportir myk jahe yg ada di jawa.tks.

  9. nama saya mas budi ,alamat saya semarang …
    saya mau tanya ada ampas jahe yang belum di suling apa tidak ?
    misalkan ada perkilo harganya berapa ?
    saat ini kebutuhan kami 10ton perminggu,thanks….

  10. nama saya taufik dan saya dari medan masboleh minta nmr nya mas ga :)
    ada yg tau ga penjual penyulingan minyak jahe kapasitas 300 -500 kg di medan
    kalau ada infokan ke saya ya nmr hp saya 081361715102
    trimakasih

  11. tengyu gan info nya, sangat berguna. Ad yg pengen saya tanya, ap justru di parut malah mengurangi rendemen nya, sbb sewaktu proses malah membuat minyak yg ingin kt ambil malah terbuang ke udara, mohon pencerahan nya?

  12. Mas mau tanya untuk rebusan jahe ini paling bagus pertahan kan suhu konstan di berapa derajat ya mas ??? Untuk mendapatkan rendeman minyak nya yang baik.

    Trima kasih.
    Best regards

  13. Mas mau tanya beda jahe emprit dengan jahe kapur apa ya ??? Lalu bila di suling apakah ada perbedaan jumlah rendeman ataupun kandungan nya ???

  14. Mas, kalau kita menyuling dengan menggunakan sistem rebus untuk kapasitas 100kg jahe basah apa kita dapat 1.3% itu setelah dijemur atau diperas airnya dulu mas?

    nb : saya tertarik untuk membuat ketel rebus untuk jahe, apakah mas ano bisa membuat desainnya atau bisa membuatkan alat sulingnya juga?

    Terima kasih
    Best Regards

  15. Mas maaf nanya lagi nih.

    Hasil sulingan ku di test dengan GC-MS senilai 32,69%

    Kalau dites dengan alkoholmeter / hydrometer nilai nya 70 !!!

    Jadi bingung nih mas.

    Mohon penjelasan nya…..

  16. itu cuma skala pendekatan saja, menggunakan alkoholmeter, dan itu juga hanya dapat digunakan (yang sudah teruji) pada minyak nilam saja. kalau untuk jahe harus tes ulang

  17. bos, saya sedang coba2 menyuling jahe, kalau uap bocor kira2 masih dapet g minyak hasil sulingannya? soalnya yg kesuling cuma airnya aja. bisa ngajarin saya buat minyak jahe g bos? bisa minta email&nomer hp?

    terima kasih
    hendra bima, hendra_bima2000@yahoo.com

    • kalau mau menggunakan distilasi air, maka jahe langsung dimasukkan sekalian dengan air – airnya. tapi kalau mau di kukus atau steam, di ambil ampasnya saja

      • Terima kasih untuk replynya mas. Maaf kalo banyak nanya. Saya coba blender jahe kemudian saya rebus, hasilnya warna minyak orange agak gelap tapi baunya tidak nyegrak. Klo mau pakai jahe parut dengan sistem kukus apa harus dijemur sampai kering dulu jahenya? Apa kualitas&kuantitas yg didapat juga ok seperti parut rebus?

        Terima kasih

      • kalau di rebus biasanya warnanya kuning jernih, mungkin terlalu panas. kalau kukus dengan jahe basah, agak susah uap menembus material, karena pati dari jahenya ketika kena panas akan menggumpal

      • mas, kalau saya beli limbah jahe merah parut dari pabrik jamu. kalau dengan sitem rebus hasilnya tetap berwarna light yellow seperti jahe emprit g? biasa kalau kita beli jahe parut limbah pabrik jamu itu bentuk jahenya kering apa basah mas?

  18. Pak Martsiano, saya sdh coba buat alat suling air pakai agitator dan vakum dgn kekuatan 22 CmHg air mendidih di 65 C. Hasil minyak jahenya kuning muda dan harum sekali. Kendala saya adalah pemasaran, sudah mutar-mutar ke eksportir jahe dimedan belum ada yg terima. Kalau boleh saya mau minta no hp Pak Martsiano minta tolong di sms ke HP saya 081397203068 atau email saya voenza@yahoo.com. Terimakasih Banyak

  19. Kalo mau beli jahe emprit segar hubungin saya. Harga 6500 per tonnya. Mau buat alat pengolahan or penyulingan minyak jahe, bisa juga untuk produksi 1 ton perhari harganya 200 juta.

    Tlp saya 081331464942

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s