Jejak langkah; mbah pram


Jejak Langkah Ini adalah buku ketiga dari tetralogi PUlau Buru Pramoedya Ananta Toer(Bumi Manusia, Anak Semua Bangsa, Jejak Langkah, Rumah Kaca). Buku ini bercerita tentang sejarah pergerakan dan perkembangan media di Indonesia pada tahun 1906-1910.

sungguh, jika kita beranggapan bahwa Budi Oetomolah organisasi Indonesia pertama kali, tentu saja kita kecele. Karena menurut Pram–dalam Novelnya–justru syarikat Priyayilah yang merupakan awal berdirinya organisasi pertama di Indonesia.

Meski demikian Pram juga tak hendak menunjukkan keberhasilan Syarikat Priyayi maupun Budi Utomo. sebaliknya, Pram menyadarkan kita mengapa Belanda bisa bercokol berabad-abad di negeri ini? Karena kekuasaan raja-raja justru menghamba pada Belanda. mereka menjadi penjilat pantat kaum kolonial. dan yang dikorbankan siapa lagi kalau bukan rakyat.

Mungkin satu-satunya pujian Pram dalam buku Jejak Langkah adalah Pada Perang puputan, Bali. Dimana Belanda harus berkorban sekitar 15.000 tentara melawan rakyat bali. Pun kegagalan Organisasi juga tak luput dari kritik Pram. Organisasi Budi Utomo terlalu elitis. tak ada rakyat yang bisa jadi anggotanya. anggota Budi Utomo hanyalah kaum Priyayi dan bangsawan belaka(makanya, watak elitis itu dipertahankan hingga sekarang dengan terus mengagung-agungkan Budi Utomo yang dianggap sebagai Kebangkitan nasional. padahal sejatinya perayaan itu adalah kebangkitan kaum priyayi Indonesia).

Meski begitu Jejak langkah juga romantis dengan kisah-kisah Percintaan Minke(tokoh Utama) dengan Ang sang Mei(aktifis tiongkok) dan  prinses kasiruta dari maluku. termasuk juga pengungkapan Pram bahwa Tokoh Utama Tetralogi Pulau Buru adalah Pria Mandul. Sungguh Epos yang mengagumkan. Selamat membaca buku yang menjadi bacaan wajib sejarah Hindia di Amerika, Jerman, Australia, Belanda, dan banyak negara maju lainnya tetapi dilarang beredar di Negeri Sendiri.

Diakhir novelnya si minke ternyata nggak pake selop… ini pasti ada suatu penggambaran yang tersendiri dari mbah pram,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s