GOTONG ROYONG


gotong royong, kata – kata yang sekarang jarang banget gua denger atopun gua baca beritannya kecuali dalam buku – buku tertentu kayak buku PPKn dan PMP dan juga nama salah satu partai politik. kenapa yah semakin lama  ciri khas bangsa kita ini memudar? semua  sekarang bersandar sama  material (tapi ga semua juga ding). semakin jarang denger kata sambatan lagi di desa – desa, makin jarang denger kerja bakti lagi disekolah apalagi dikampus. sekarang udah makin hilang budaya saling menegur sapa, saling mengingatkan.

Apa bener ini salah satu ciri – ciri udah mau kiamat?

  1. mengucap salam hanya kepada yang kenal.
  2. saling bantu membantu dalam kebaikan sudah jarang terlihat.

aku rindu gotong royong seperti waktu kecil dulu, dari mushola terdengar suara :

“di umumkan kepada seluruh warga dusun corongan, bahwa hari minggu jam 06.00 akan diadakan kerja bakti membersihkan jalan dusun, kepada yang tidak berhalangan diharapkan hadir. dan bagi ibu – ibu sekalian diharapakan menyediakan snacknya, terimakasih”.

Dan ketika hari minggu tiba maka para penduduk dengan senyum tersungging di muka (ya iyalah mosok di pantat) ada yang bawa arit, cangkul, snack juga, air…… semua saling GOTONG ROYONG

12 thoughts on “GOTONG ROYONG

  1. snack…..????Q lebih setuju bagi ibu2 menyediakan nasi bungkus,ayam pop,soto ayam,sop buntut,nasi rames,dll.trus minumnya juice alpukat,juice stowbery,es teler……biar lebih semangat……hehehehehehehehe…

  2. sekarang gotong royong lagi populer karena sebentar lagi akan ada pilpres. mereka (capres) mengajak kita semua gotong royong, menawarkan kerja, membuka lapangan kerja, memberikan beasiswa dll. namun entah apa yang mau digotong karena bebanya sendiri adalah omongan. yang enteng sekali terucap namun pelaksanaannya ………………….perlu dipertanyakan.

  3. teknologi yang membuat semua itu hilang.. teknologi membuat kita betah di runag keluarga atau kamar untuk menonton TV..
    teknologi motor embuat kita berlalu lalang di depan tetangga dengan cepat, sehingga tidak sempat menegur semua tetangga

  4. @ Redzaq

    Ja, koe pada ning PALESTINE bersihin WC sama dapur tuh kerja bakti, mosok bau banget betahe puol.

    @Johan

    sebenere kalo itu namanya bukan gotong royong je mas johan, itu mah cuman jargon aja ngomong di TV, ayo masyarakat kita gotong royong!, tapi kenaytaan dilaapngan masyarakat bakalan bilang gini ” ada duitnya ga? kalo gada mah ngapain capek – capek gotong royong, hareee geneeee gotong royong???

    @Dimas

    hiks hiks hiks, sepertinya teknologi membuat kita lupa akan segalanya. tapi kalo kita bijak menggunakan teknologi sebagai mana mestinya dan kita masih ingat apa anjuran Rasullulloh SAW untuk saling bersilaturahmi maka ndak akan terjadi seperti ini. semua kembali ke diri masing – masing.

  5. iya yah, mengucap salam hanya kepada yang kenal, soalnya kalo nyapa org yang dikenal takut dibilang sok kenal, trus kalo disapa sama orang ga dikenal takut dimutilasi iihh.. *korbanberitakriminal*

  6. Gotong Royong? kayane aku seneng, jakarta ora ana gotong royong, bocah palestine pada males2an, sing rajin mung bu Manisem…

  7. Selaen gotong royong,
    aku juga kangen suara gesekan sapu lidi dngan tanah..
    Bau tanah di kampung sehabis hujan..
    Suara bocah2 maen d jalan dpan rumah..
    jadi kangen kampung halaman.. T_T

  8. pada sok melankolis lo…!!!
    sampe ngantur ke pilpres lah….
    Jakarta, kampung halaman…
    eh, rian juga dibawa-bawa…
    Teknologi disalain, padahal teknologi kan ga tau apa-apa…
    kalo gw sih RINGAN SAMA DIJINJING, BERAT LO PIKUL SENDIRI… heheh….
    Don’t sweat the small stuff bro…!!!
    satu lagi: DO MORE, LESS TALK… (enjoy aja..)

  9. gotong royong?
    ide bagus tuh No…
    klo gotong royong motong ayammu gimana?
    boleh ga?tak bantu dengan hati yang tulus dan ikhlas deh…

  10. memang bener kali udh mo kiamat…
    masa waktu kita gotong royong bawa 1 arit buat banyak orang…mana ga ada snack kaya’ kmu bilang…jangan kan snack,air aja ga ada…

  11. @Lanang : emang lu mah dari dulu ga pernah mau repot dan gak mau direpotin nang….

    @wowo selingkuhanku : wah kalo gotong royong motong ayamku bisa repot tuh..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s