Kegagalan Usaha itu biasa


Dimulai dari kegagalan joint operation toko buku dengan saudara Tomy di semester  3 . kemudian gagal lagi di LINBID dengan saudara Upu Mahbuby, Kemudian Gagal lagi di Laundry & Cleaning, berencana dengan minyak atsiri ya gagal maning (pada saat itu) …… itulah proses, tidak akan ada lampu pijar tanpa 1000 kegagalan exsperimen thomas, tidak ada Bukaka Teknik kalau tidak disertai dengan mandi sabun colek oleh M. Jusuf Kalla, tidak ada metro TV tanpa loper koran Surya Paloh, tidak ada Air Asia tanpa mimpi, tidak akan ada Andrea Hirata tanpa SD Muhammadiyah

Biarkan lentera hati yang akan membawamu menjadi Laskar Pelangi

Hidup adalah perbuatan….
biarkan uji coba itu gagal, karena dengan itu anda bisa tahu apa itu berhasil
biarkan anda rugi sementara waktu, karena dengan itu anda tahu bagaimana cara untuk Untung

Bisnis adalah keberuntungan, tidak ada keberuntungan tanpa perbuatan
ditulis dari suasana sibuk dan menjemuhkan di Lantai 6 Tower Simatupang
Ir. Ali Rekso Tinamtu
Structure Engineer PT Wiratman & Associates

www.wiratman.co.id

Hehehe itu lah Ali Rekso Tinamtu teman seklaigus saudara yang selalu mau bertukar fikiran. komentar tentang lika – liku usahaku memang mengerikan sekali, penuh dengan kegagalan hehehe. tapi berkat banyak nya kegagalan itu juga aku bangkit dan belajar, disertai dengan semangat dan berdoa. tapi aku mau komentari juga tentang tulisannya ali yang dikirim via emailku :

  1. Joint toko buku dengan tommy sudah saya mulai sejak semester 2, bukan semester 3. sebenarnya bukan suatu kegagalan karena di sini saya belajar bagaimana teknik bernegosiasi dan strategi marketing (tapi masih terus tak perbaiki sampai sekarang : thanks to tommy, bambang dan Kafi kurnia) walaupun nggak keterusan usahanya.
  2. Membangun usaha bersama LINBID, Sekali lagi ini bukanlah suatu kegagalan. karena dari situ saya belajar tentang arti management taktis dari kakak – kakak saya yang ada di LINBID, (Kang Upu, Mas Syahril,  kang  hasan).
  3. Gagal Laundry and Dry Cleaning, usaha ini sama sekali belum jalan hanya sekedar konsep, tapi dari sini saya bisa belajar bagaiamana memilih investor yang memang serius dan setengah – setengah.
  4. MInyak Atsiri, usaha ini adalah usaha yang tertunda, karena sehabis lebaran besok InsyaAlloh usaha ini akan berjalan.

Sebenarnya masih banyak lagi usahaku yang gagal atau mandeg ditengah jalan karena suatu hal, tapi dari situ aku bangkit untuk belajar. karena menurut Mas’ud Chasan dalam bukunya “Sukses Bisnis Modal Dengkul” seorang wirausahawan adalah orang yang siap bangkit setelah kegagalan usahanya. dari situ pula aku lebih termotivasi, masak harus gagal terus…

Dan dibawah ini adalah komentar ali di blogku beberapa waktu yang lalu, waktu itu aku posting abis kegagalan negosiasi dengan investor bioethanol :

“Modal bukan segalanya, tapi dari dulu sejak jaman semester 2 kuliah selalu itu yang terus kamu ucapakan, kurang modal, ga ada modal lah dll. Ada beberapa point penting yang harus diperhatikan, disiplin dan tepat waktu belum bisa kamu jalankan, padahal ini adalah salah satu faktor penting dalam bisnis. Tidak bisa hanya modal semangat apalagi kalau masih nglantur dan hanya sebatas mimpi, Nah PR pertama adalah bisa disiplin contohnya bisa berangkat kuliah jam 7 pagi. Mulai dari hal yang kecil saja dulu, kalau janjian jam 10 ya datang jm 10, jangan datangnya jam 12. Selamat mencoba”

Memang banyak orang melihat sisi diriku dari perspektif kemalasan, seperti ditulis sama Ali kalo aku sering bangun sangat siang dan masalah janjian yang telat (kalo masalah janjian aku selalu on time, bahkan minimal 5 menit sebelum janjian dah ada ditempat). Sebenarnya (mau melakukan pembelaan) jika teman – teman melihatnya seperti itu sekali – sekali boleh main ke kontrakanku dan bisa lihat bagaimana aktivitasku dimalam hari (sekali lagi kadang aku berfikir hidupku terbalik) yang padat. sehingga tidur selalu sehabis subuh (ini dulu, sekarang nggak bisa kayak gitu.hidup harus sesuai alurnya).

Memang benar kedisiplinan, Ulet dan pantang menyerah adalah bagian dari hierarki wirausaha. ingin sukses coba terapkan yang diatas. namun saya ingatkan saya bukan contoh yang sukses, tapi contoh orang yang selalu siap untuk gagal. Selamat berwirausaha.

Buat Ali : Selalu tak doain impian dan cita – cita dan Insya Alloh jika sudah berazzam dalam hati pasti kesampaian. seperti sahur ramadhan 2008 tak sendiri lagi. Kesampaian to???

9 thoughts on “Kegagalan Usaha itu biasa

  1. Si Ali semakin pintar berpidato dan bijak saja. Tenang aja No, konsep kamu kemarin dipakai temanku lumayan sukses. Doakan No, mungkin 2 bulan lagi ak mau pakai konsepmu untuk buka usaha yang sama. Hidup Wirausaha.

  2. @neng Fey : mungkin dalam pengelolaannya dia selalu setengah – setengah dan nggak serius jadinya dia awal konsepnya bagus tapi udah ditengah – tengah melempem. coba disemangati utnuk lebih serius berwirausaha. heheheh udah kayak pepatah aja ngasih petuah aku ini😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s