Bulan juli tanggal 9 juli 2010 kemarin aku bareng pengurus CEOS UII mengunjungi tempat pengolahan nilam di malang selatan yang di bina oleh Prof. Dr. Hans Siwon yang berkewarganegaraan Belanda. Squad CEOS yang ikut pada waktu itu adalah : Prof. Dr. Hardjono S, Riyanto,Ph.D.,Tatang Shabur J.,M.Sc., Dwiarso R, M.Sc., Cecep Sa’bana S.Si., Dedi Sugiarto S.Si., Yusuf Habibi S.Si., Agus Sri Untoro dan aku sendiri hehehe berdelapan naik mobil kijang kapsul fakultas wahahah kepelenet – plenet. yang bujang ditaro dipaling belakang huhuhu tersiksa.

Perjalanan dimulai setelah jumatan jam 2 siang terus nyamper ke tempat pak Ri dan Pak T, yang bujang2 berangkat dari kampus…. nyamper personel yang lain termasuk prof harjono dan terakhir adalah pak arso….

SQUAD CEOS minnus Prof Hardjono

Perjalanan tidak melalui jalur biasa tapi lewat jalur alternatif selatan, rencananya sih klaten-wngiri-ponorogo-trenggalek-kediri-malang, tapi ternyata pak Agus salah belok akibatnya kita terlalu keselatan… wal hasil menjelang magrib masih di wonogiri… memasuki kota wonogiri kita mampir di bakso TITOTI lumayan enak, mie nya juga kenyal recomended seller deh kalo ke wonogiri yang katanya pusat bakso… tempatnya nggak begitu apal, tapi tanya aja bakso titoti… Perjalanan dilanjutkan (oia di bakso titoti mas cecep sama dedi godain kashirnya huhauhaua)

Sampai Kediri jam 24.30 malam terus kita cari penginapan di hotel *** yang nggak recomend banget pelayanannya payah… pak T aja sampe ngomyang sendiri hehehe aku juga mana di pecelnya ga dapet tempe lagi kita berdua.

Pagi – pagi sebelum berangkat ke malang kita sempetin foto-foto di hotel berikut ini foto-fotonya ;

Sebelum berangkat ke malang lokasi : hotel SRI kediri

Setelah keluar dari hotel kita sempet muter2 di kota kediri, bukan karena kami ingin, tapi karena kami kesasar hehehe…. Pada jam 10.20 sudah ditunggu di bendungan karang kates (ini baliknya kita mampir sini) sama Prof. Siwon  dan Dr. Wiyono. menelusuri pinggir bendungan karangkates yang membentang luas menikmati pemandangan sembari mobil memacu lajunya diantara kelokan bukit yang semakin meninggi, diiringi lagu campur sari dari tape mobil sungguh indah….

Pukul 11.00 kurang lebih kita sampai di penyulingan, disambut dengan sahaja oleh keluarga Dr. Wiyono, kita lihat -lihat penyulingan yang menggunakan metode yang telah dikembangkan oleh Prof Siwon dan Dr. Wiyono… Prosesnya menggunakan water agitation distillasi, prinsipnya adalah menggunakan uap air sebagai moda pemanasa air yang ada pada retort yang juga didalamnnya disediakan pemutar dan pemecah bahan…. dibawah ini foto2nya :

full Squad berfoto bareng Prof. Siwon di Penyulingan

Lagi Proses

Setelah kita proses, maka dilanjutkan dengan diskusi dan makan makan (ini bagian yang ditunggu – tunggu), mendengarkan penjelasan Prof. Siwon tentang proses baru ini(maaf masih paten Prof. Siwon, jadi ga berani buka hehe) dan mendengar kisah Prof. Hardjono tentang masa lalunya di Belanda waktu di Perfume and Fragrance Factory yang terkenal jaman itu (sekarang tuh perusahaan katanya udah di ambil alih sama unilever)… wah pingin sekali menambah ilmu mendengar perkembangan yang mereka lakukan, pengalaman yang sungguh dalam denga kesungguhan mantab deh, jadi seneng…

makan sambil dengerin cerita n diskusi

Setelah selesai makan kita sholat dan pamit pulang, tapi sebelum sampe jogja kita mampir mapir, pertama kita ke bendungan karang kates terus pulang mampir di kediri buat beli tahu taqwa(makanan khasnya Kediri), terus kita berhenti lagi di Nganjuk buat makan sate kambing sumpah dah enak bener satenya sampe Prof Harjono bilang “Dunia ini berseri – seri” hahah dan otomatis jadi Quote of the day. jam 2 malem sampe di jogja pas pertarungan antara uruguay vs jerman kalo ga salah inget….. kenangan yang indah… ni oleh2 dari bendungan karang kates :

jembatan karang kates

Cover Boy CEOS Kimia MIPA UII

thats all…..

9 thoughts on “POKTAN Nilam Malang with Prof. Dr. Hans Siwon

  1. huhuuuuuu,,,,,….
    aku gak jadi bagian dari jalan2 itu…coba kalo ikut yak…perawan sendiri duduknya di belakang supir klo perlu sebelah prof lah…wakwakwak…..

    *ngiri akan poto2nyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa…….*
    aaaaaaaaaaaaaagggrrrrhhhhhh……

  2. mas tau alamat parof. siwon…saya kehilangan kontak dengan beliau sejak 10 tahun lalu waktu beliau masih penitian di sumatra.barat.kebetulan saya mau tanya tentang nilam…
    thanks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s