Tanaman ceplok piring atau nama latinnya Gardenia jasminoides atau bisa disebut juga Gardenia augusta merupakan bunga yang memiliki aroma yang khas dan tumbuh di daerah tropis. asal muasalnya diperkirakan dari Asia dan banyak tumbuh di Indonesia, Vietnam, China selatan, Formosa(salah satu propinsi di taiwan), jepang sama india.

kembang ceplok piring

Scientific classification
Kingdom           :     Plantae
(unranked)       : Angiosperms
(unranked)       : Eudicots
(unranked)       : Asterids
Order                  : Gentianales
Family                : Rubiaceae
Genus                  :  Gardenia
Species                :    G. jasminoides

tanaman ini memerlukan kelembaban tinggi untuk mengembangakan bunganya. berbunga saat musim panas. ekstrak menggunakan PE (petroleum eter atau wash bensin), proses penyulingannya hampir sama dengan proses minyak bunga yang lainnya rendemennya 0.07% berat jenisnya 1.009 lebih berat dari air, dan putaran optiknya positif +1.47.

yang menyebabkan nama belakang  jasminoides adalah senyawa marker nya yang identik yaitu benzyl acetate. selain itu kandungan kimia lainnya antara lain : stryroyl acetat, linalol, linalyl acetate, terpeneneol, methyl anthranilate, Jasmine lactone, gamma-decalactone, ocimene dan asam tiglik.

berbeda dengan mawar dan melati yang dapat digunakan dalam komponen makanan atau minuman, minyak ceplok piring ini memiliki sifat toxic sehingga kurang aman atau tidak disarankan.

efeknya menenangkan dan harganya lebih mahal daripada mawar damascena, alasan lebih mahalnya karena memang cukup sulit untuk mendapatkan materialnya karena merupakan tanaman semusim.

salah satu produsen minyak ceplok piring a.k.a gardenia oil

Indonesia berpotensi untuk mengembangkan minyak jenis ini, namun sekali lagi memang kita (orang Indonesia) atau lebih tepatnya penyuling INdonesia menghadapi persaingan pasar luar negeri khususnya china dan India.

7 thoughts on “ceplok piring oil

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s