Meningkatkan Presentasi PA pada Nilam


Sesuai judulnya, sekarang saya mau bahas tentang bagaimana meningkatkan nilai presentasi Patchouli Alcohol dalam minyak nilam. Seperti kita ketahui bahwa PA merupakan senyawa marker atau penanda pada minyak nilam. Keberadaan presentasinya mempengaruhi nilai jual beli minyak ini (di luar naik turunnya harga hehehe).

Sudah banyak yang mencoba mengembangkan varietas  baru dalam tanaman nilam ini, dan sebagian besar mengembangkan melalui jalur budidaya. disini saya mau mengutarakan hasil penelitian saya dan teman2 di Pusat Study Minyak Atsiri UII dalam meningkatkan nilai PA dari segi pasca panen dan produksi.

Dari hasil peneitian yang dilakukan, kami mendapatkan peningkatan nilai PA yang cukup signifikan. Dengan mengembangkan teknik water bubble distillation  yang sudah dikembangkan sebelumnya oleh Prof. Dr. Hans J Siwon, kami mendapatkan Angka PA diatas rata2 yakni sekitar angka 43% dengan bahan baku dari Jepara yang rata- rata memiliki Angka PA di kisaran 27 – 31%.

 Peak 16 dan 17 merupakan kromatogram dari senyawa Patchouli alkohol dengan kadar 43%.

Teknik water bubble ini menggunakan uap panas untuk mendidihkan air dalam retort (dalam hal ini sebenarnya dasarnya adalah water distillation) kemudian diberikan pengaduk didalamnya sehingga material yang disuling bergerak sempurna. fungsi gerakan dari material supaya pengangkatan minyak oleh uap air lebih sempurna dan merata. Minyak yang dihasikan nantinya lebih kental alias viskositasnya lebih tinggi.

Selain itu juga pada proses pra produksi atau waktu penyiapan bahan. Material yang akan di suling sebaiknya di kominusi (rajang kecil2) terlebih dahulu, namun ada baiknya di kominusi setelah kering angin, jangan terlalu kering. Ada baiknya di gantung jangan jemur langsung di terik matahari (kebanyakan di daerah Sulawesi dijemur langsung dan dicacah saat basah).

PEnjemuran yang baik

Setelah di kominusi, ada baiknya untuk dilakukan fermentasi kecil, namun jangan terlalu lama (jangan sampai busuk). perlakuan fermentasi ini akan meningkatkan kadar dan memberikan aroma yang lebih manis terhadap minyak nilam, berikut percakapan saya dengan Robert Seidel pemiliki The Essential Oil Company  yang juga menyarankan penggunaan fermentasi :

Penjelasan fermentasi ada di akhir screen shoot

Perlakuan tersebut sudah berlaku di India, dan menurutnya itu merupakan alasan mengapa aroma India saat ini mulai disukai di US. dan bila dicoba mungkin akan memberikan dampak yang baik bagi perkembangan kualitas minyak nilam Indonesia. Selamat mencoba.

* Percobaan penyulingan skala lab by : Resi Arie Andhini, S.Si  Ilmu Kimia UII 2006

*Percobaan semi industri by : Martsiano

24 thoughts on “Meningkatkan Presentasi PA pada Nilam

  1. kami punya pengalaman yg nunik pada saat menyuling nilam di sulawesi tengah, dengan alat yg sama dan meterial nilam yg sama hasilnya pa diatas 36 wow agennya kalang kabut dan terachir pa 42 agennya ndak mau terima ………..solusinya apa ya.?

    • Solusi terbaiknya adalah jika konsisten minyak dengan PA segitu yang didapat adalah untuk mencampur minyak nilam yang PA yang dibawah 28, sehingga minyak yang jelek2 bisa ikut kejual…ini pak Edi ya

  2. salam kenal. sy akbar dari sulawesi. sy alumni teknik kimia ITS Sby. sy sangt tertarik dengan hasil penelitian yg bpk lakukan. boleh sy minta nmr hp sy mau sharing pengalaman? nmr hp sy 081357437910

  3. Om Martsiano….asslamu’alaikum.. saya Aris di Tulungagung
    lebih jelasnya bagaimana langkah2 fermentasi pada nilam sebelum di suling? apakah menggunakan bakteri starter? berapa hari fermentasinya? dll. mohon penjelasannya Om.
    terimakasih….
    kirim ke email saya juga boleh…arfray1586@gmail.com

    wasslam

  4. ” Setelah di kominusi, ada baiknya untuk dilakukan fermentasi kecil, namun jangan terlalu lama (jangan sampai busuk). perlakuan fermentasi ini akan meningkatkan kadar dan memberikan aroma yang lebih manis terhadap minyak nilam,”
    kenapa bisa seperti itu ya ? kalau fermentasi terlalu lama akan menyebabkan apa ? apa mungkin getah yg terkandung di daun nilam bisa terurai juga ?
    tolong dijawab ya. terimakasih🙂

    • proses fermentasi kecil dimungkinkan mengubah beberapa senyawaan sesquiterpen menjadi sesquiterpen alkohol. pada suhu dan kelembaban. sedangkan aroma manis pecahnya karbo menjadi senyawa gula gula sederhana. kalau terlalu lama akan terjadi pembusukan dan tidak hanya getahnya yang terurai namun semua dpat terurai. CMIIW

  5. mas sy mau nanya cara membuat penyulingan nilam seperti yg mas paparkan,kita kita dana yg di perlukan berapa untuk kapasitas 300 kg

  6. Advice martsiano sangat-sangat satisfy,tidak membingungkan,karena didukung theoryfull dan practicefull
    ,thaks alot.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s