Membangun Usaha Minyak Atsiri


Minyak atsiri adalah salah satu komoditi unggulan penghasil devisa Indonesia. Pengusahaan minyak atsiri telah ada sejak jaman colonial Belanda, bahkan jika dirunut lebih jauh lagi pengusahaan minyak atsiri telah dilakukan sejak daerah Indonesia masih bernama Nusantara. Minyak atsiri merupakan minyak aromatis yang berasal dari daun, kulit, biji, kayu, bunga dan bagian tumbuhan lainnya dengan menggunakan proses distilasi. Perbedaan antara minyak atsiri dan minyak nabati adalah kandungan trigliserida pada minyak nabati yang tidak terdapat pada minyak atsiri. Komponen penyusun minyak atsiri terdiri dari senyawa golongan terpen, sesquiterpen, sesquiterpen alcohol, furan, furfural, ester dan aldehid.  Masing – masing minyak atsiri akan menghasilkan komponen berbeda – beda tergantung dari sumber bahan baku. Komponen minyak atsiri dapat dilihat dengan menggunakan sebuah instrument, yakni gas kromatografi- spectra massa atau biasa disebut juga GCMS.

Banyak orang bertanya, bagaimana berusaha dibidang minyak atsiri ini? Berapa modal nya? Bagaimana pasarnya? Banyak pertanyaan terlintas jika ingin memulai usaha dibidang minyak atsiri ini. Kebanyakan orang awam menyamakan minyak atsiri sama dengan usaha minyak sawit atau minyak kelapa yang notabene adalah minyak nabati. Pada tulisan ini saya akan membahas bagaimana memulai usaha dibidang minyak atsiri.

Langkah Pertama :  bisa anda baca di web baru saya

 

 

13 thoughts on “Membangun Usaha Minyak Atsiri

  1. Dear Mas Ano,

    Artikelnya bagus dan inspiratif serta bisa dijadikan motivasi Saya yang tertarik pada usaha penyulingan minyak. Saya jadi ingin menimba ilmu lebih banyak lagi dari Mas Ano, bolehkan saya belajar magang menyuling atsiri di tempatnya Mas Ano..?

    Dimanakah tempat penyulingannya Mas. ?

    Terimakasih banyak.

    Salam,
    Teddy – Bandung

  2. artikelnya sangat membantu dan menambah semangat, dapatkah mas membuat anlisa usaha penyulingan atsiri, kira2 modal minimal yg dibutuhkan bagi pemula kususnya minyak nilam brp?

  3. pak Ano, mohon informasinya apakah bedanya minyak atsiri yang sudah dimurnikan dan yang tidak? kira-kira apakah semua minyak atsiri perlu dimurnikan setelah disuling?

    • maksud dari pengepul atau penyuling atsiri biasanya atsiri yang dimurnikan ini adalah dibersihkan dari pengotor – pengotor seprti air, besi dll. bedanya hanya pada kebersihan hasil minyak. tentunya setiap minyak atsiri pasca suling perlu dibersihkan

      Namun maksud lain kalau dimurnikan tersebut diambil per komponen minyaknya disini sudah beda. dalam artian sudah menjadi fine chemical

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s