Ayam Cemani


Baru sekitar 10 hari ini aku miara ayam cemani, ayam cemani itu ayam yang item mulus, maksudnya semua bagian tubuhnya hitam legam. mulai dari bulu, kulit, daging, tulang, mata, langit – langit mulut, lidah. Sedangkan banyak orang bilang kalo darahnya itu juga item, tapi menurut pakar ayam dari IPB darah cemani itu nggak item, tapi merah namun sangat kental, sehingga dikirain hitam.

Ayam cemani ini tadinya aku pesen sepasang, jantan dan betina (@ IDR 40.000,-)langsung dari daerah asalnya yaitu daerah kedu di Kabupaten Temanggung lewat temanku. tapi waktu sampe jogja ayam yang jantan dimakan sama kucing, jadilah tinggal sang betina.

Ayam cemaniku tumbuh sehat dan kuat, pertumbuhan sempurna, nafsu makan bagus. namun sayang dia nggak ada temennya, tapi aku dah pesen lagi sih dari helmi buat nyariin ayam cemani jantan satu lagi. Kita tunggu aja kedatangannya, tapi sekarang helminya lagi sakit (kepada pembaca mohon doanya untuk kesembuhannya).

Ayam cemani umur 1 bulan betina

Ayam cemani ini diangap keramat sama sebagian orang apalagi sama dukun – dukun, dan harga jualnya itu mak, melangit. kemaren buka – buka disitus tokobagus.com, ada yang nawarin dengan harga IDR 125.000.000,- gila nggak tuh? hanya untuk harga seekor ayam. Kalo ada yang nawar ayamku 5 juta aja, udah tak lepas deh (hehehe promosi). Tapi beneran deh harganya melangit dan nggak pernah lesu kayak anthurium.

Cemani diambil dari bahasa sansekerta yang artinya item, karena emang ayamnya item polos. kalo menurut ahli Ayam sebenernya ayam ini hasil silangan dari ayam apa sama apa gitu, tapi menurut sebagaian orang ada legendanya lho, jadi jaman dulu didaerah kedu itu ada petapa sakti yang punya ayam item dan itu digunain buat nyembuhin berbagai macam penyakit, dari situlah ayam cemani terkenal.

Ayam cemani, menurut ahli flu burung (masih dari IPB) paling tahan sama yang namannya virus H5N1 alias flu burung, kekebalannya sampe 0.9, nggak tau tuh itungannya gimana. tapi kata beliau ayam cemani merupakan ayam yang cukup tahan terhadap H5N1, mungkin karena sifat gen dalam tubuhnya itu kali ya?.

Rencananya ayam cemaniku ini mau tak ternakin gitu, siapa tau nanti aku bakal jadi jutawan gara – gara ayam ini (tuh kan mengkhayal lagi). yah siapa tau, dari perkawinan pertama nanti menghasilkan 12 telur ayam dan yang menetas ada 8, otomatis ayamku ada 10 dong. abis itu mereka beranjak dewasa dan akhirnya kawin dan pastinya nambah lagi dong ayamku, belum lagi selama masa petumbuhan anak2 ayam, si induk pertama nelor lagi, nah tambah banyak aja ayam cemaniku, kalo saja 1 ayam cemaniku di hargai IDR 400.000,- maka dengan sepuluh ayam tak jual aja aku dah dapet IDR 4.000.000,- (weeeee kawin kawin kawin), tapi ini belum termasuk ongkos makan dan perawatan ding.

Tapi buat teman – teman yang udah kerja dan bingung mau sambilan apa? maka mungkin ternak cemani ini cocok lho buat kalian, karena terus terang aja, perawatannya mudah,nggak terlalu sulit, pakannya juga udah ada dipasaran, ngasih makannya sebelum berangkat kerja/kuliah aja. ayam cemani juga nggak rewel kayak broiler, tahan penyakit dan harganya melangit. hayo siapa mau coba?

39 respons untuk ‘Ayam Cemani

    • saya mau beternak gimana caranya?

      bisa gak aku beli bibit yang bagus dari kamu
      harganya berapa utk umur 2 mingguan?

      trims

      • klao emang bener butuh ternak saya ada sepasang dewasa harga untuk sepasang 3-4 jutaan kalo minat silakan hub 081331148645

  1. Nggak cuman di daerah pertanian aja, karena sekarang juga cemani masuk dalam jajaran ayam hias, jadi dirumah atau pekarangan bisa dipelihara. tapi kalo di apartemen susah. kan ga boleh.

  2. saya sedang mencari ayam cemani minimal 3 ekor dengan kriteria :
    Kriteria 1 :
    1. Lidah atas bawah hitam, Krongkongan (telak) juga hitam.
    2. darah merah/hitam tidak jadi masalah asalkan Kerongkongan dalam (telak) dan lidah atas bawah hitam..
    3. Berat minimal 1 Kg.

    Kriteria 2 :
    1. Apabila Lidah atas bawah Krongkongan (telak) ada putihnya darah harus hitam seperti kecap.
    2. Berat minimal 1 Kg.

    Apabila ayam cemani anda masuk dalam salah satu kriteria di atas harap kirim email ke roeny84@yahoo.com
    saya berada di wilayah yogyakarta

    terima kasih,

  3. bagi yang mau beli ayam cemani. hubungi berry : 081315755175
    ayam full black… luar dalam, umur sekitar 1 thn, tanpa perantara.
    harga bisa neggo. buruannnn !!!
    bnyak peminat ..
    persediaan terbatas….. mkseh…

  4. Qw…d blikan pCr ku ayam cmani…ktanya cmani bs bwat awt hub kt ber2

    mg2 az terkabul………. amin tyuZz mank darahny merah pa htam pa mrah
    pnyaku kok item tyuZz bau….AnEh

    • kalo meurut saya, awet nggaknya hubungan karena adanya komunikasi yang baik dan saling pengertian, nah kalo ayam cemani mah, nggak ngefek apapun…. hehehe

  5. sekarang ayam cemaninya masih ga mas ?
    saya juga dah lama pengin ayam cemani (katanya harganya mahal)
    kemaren di tawarin sepasang umur 1 bulan 50 rb?
    py kwi murah ga ?

    • sudah habis mas, terakhir diborong sama yang ikutan pemilu kemarin akku punya 8 pasang semuanya alhamdulilah laku. harga tergantung dari kondisi si ayam full black ndak? tapi nggak termasuk darahnya, karena darah ayam cemani sebenere nggak ada yang item kok.

  6. wah…ada lagi nih ayam cemani. emang perawatan ayam cemani ma ayam kampung biasa sama apa susahan mana mas? trus pemasarannya emang ga susah mengingat harganya yang selangit (kemarin bapakku ditawari cemani yang sudah remaja, full black harganya 3 juta/ekor), terus yang anakkannya (ga tau umur berapa) 300 ribu. dengan harga yang kaya gitu pemasarannya gimana mas?

  7. Salam Kenal Semua Nya !
    Salut dengan Usaha Pak Mastsiano !
    Dan saat ini saya juga Pelihara Ayam Cemani, Siapa tahu bisa buat Biaya Anak saya Kuliah juga nanti nya.
    Yang membutuhkan Ayam Cemani bisa contact saya Eko BS – Ambarawa di ekko_bs@yahoo.co.id atau Hp.085 626 64389.
    Salam sukses Buat Kita Bersama !

  8. sa punya gan cemani luar dalam hitam tmsuk darah,,,100% gan ane serius…klo berminat call aja di 04115392351…ada 2 ekor gan smuanya bisa di tes…harga nego klo barang sudah cocok..thanks.

  9. saya ada ayam cemani sepasang jantan dan betina,, untuk yang berminat saya di ( 021) 9066 7824
    Xl 0878 8524 1864
    Simpati 0813 8270 6404

  10. aku punya cemani sepasang usianya 3 bulan. Untuk melihara cemani sangat mudah. Yang penting dikasih makan 1 atau 2 kali sehari. dan jaga kebersihan kandang.

  11. di beli ayam cemani,,dengan kriteria semua hitam dari lidah,kerongkongan,mata,kulit,bulu sampai gadinganya,,hub:085743404048

  12. Saya ada..Ayam cemani, Sepasang… , semua hitam dari jengger, lidah,kerongkongan,mata,kulit,bulu,dan darah Siapa yg berminat, hub 085710016000

  13. saya Muhammad Sabir (081342466969) sudah pesan ayam cemani 20 ekor umur 1 bulan sama Nur Faizin (08122943039), saya transfer tanggal 12 Nopember 2010 sampai sekarang 24 Nopember 2010 tidak ada kabar kapan dikirim ayamnya

    minta tolong jika ada yang punya nomor hp yang bisa dihubungi
    anggota Kelompok Tani Ternak Makukuhan Mandiri
    selain dari 08122943039

    sms ke 081342466969

    Kelompok Tani Ternak Makukuhan Mandiri
    Jl. Raya Kedu Km. 6 Rt. 05/03 Kedu Hp. 08122943039
    Ketua Umum : A. Yuniarto
    Ketua 1 : Ariyanto
    Ketua 2 : Nur Faizin (08122943039)
    Sekertaris 1 : Andoko
    Sekertaris 2 : Trianto
    Bendahara 1 : Hendro
    Bendahara 2 : Alif Vigandi
    Seksi – seksi :
    Umum : Budi
    Pengadaan Barang : Solekhan
    Lapangan : Safak
    Anggota : 24 Orang

    minta tolong bantuannya, sampai sekarang tidak kabar dari Ketua 2 : Nur Faizin (08122943039) nomor hp tidak aktif
    apakah ada nomor hp yang bisa saya hubungi dari kelompok tani tersebut

  14. Hati hati penipuan baik yang jual atau yang mau beli..tp untuk yg darahnya hitam harganya tinggi boss..saya jg mau jual sepasang darah hitam ke jakarta..tes darah hitam dr jenggernya boss,tusuk pake jarum suntik aja wah kalo hitam pekat ..ada yg mau milyaran tuh..081384907508

  15. Info aja boss..buat absolute black ayam cemani darah hitam tidak bisa di kawin silang,biasanya yg jadi cuma sepasang(mereka kawin sedarah)/dilahirkan se jodoh.itu lah istimewanya cemani darah hitam..untuk ngetesnya dr jengger dipotong dikit/tusuk dgn jarum bukan cabut bulu atau ambil darah dr badannya boss..harganya fantastis boss puluhan milyar yg mau beli ada kok di jakarta dan di tanggerang(cipondoh) kalo mau di bawa/di jual ada caranya boss..di rawatnya jg ga boleh asal/sembarangan boss..

  16. gan ane mencari cemani dengan syarat
    1. umur 1 tahun
    2. seluruh badan hitam dari rambut hingga darah ayam tersebut
    3. berat 1,5 kilo
    bagi anda yang memiliki dan ingin menjual nya dengan harga tinggi hub saya di 08979748637 khusus di daerah jabodetabek

  17. he,he,he bagus situsnya ada lucunya suka ngayal.tapi yg jelas ayam cemani emang bagus wat dikembangin coz kesanya bagus wat hiasan n antik bgt.numpang lapak ah bagi yg minat piara ayam cemani berbagai umur hub 081215699698.murah ko tapi ga murahan loh

Tinggalkan komentar