Berburu Rosa Damascena


wehehe hari selasa yang diwarnai dua musim, pagi hari ujan deres eh siang udah panas banget. hari ini aye  keliling – keliling jogjakarta guna memburu mawar damascena.  kenapa gua sampe berburu damascena? apa sih bagusnya mawar damascena? kenapa juga sampe susah – susah segala nyari damascena???.

Hmmm, masih tidak jauh dengan dunia atsiri alasan gua nyari nih bunga, secara mau berlanjut untuk mengembangkan minyak bunga mawar damascena (kemaren melati sambac sama Rosa Alba udah). berikut ini beberapa fakta menarik tentang mawar damascena :

  1. mawar ini warnanya pink, banyak mengandung minyak atsiri.
  2. banyak dibudidayakan di bulgaria, jerman, iran, maroko
  3. harga perliter minyaknya sekitar IDR 60.000.000 belum harga internasional yang mencapai harga lebih dari itu.
  4. Paling banyak dicari sama buyer alias pembeli untuk essence seperti sabun, lotion shampoo dan lain lian

Agak susah nyari nih bunga, karena memang mawar jenis ini adalah jenis import, ada yang nawarin tapi harga 1 bibitnya gila – gilaan IDR 75.000, buset, nah kalo mau nanem 150.000 bibit kan tinggal dikaliin aja tuh, cuman buat beli bibit aja abisnya IDR 11.250.000.000, hahaha kalo buat beli cendol jogja keleleb kali.

Penasaran kayak apa bunganya? nih tak aplotin :

bunga mawar damascena

 

bagaimana cantikkan? selain cantik secara fisik, bunga mawar damascena juga memilik wangi minyak yang cantik pula, untuk mendapatkan minyak sebanyak 1 Liter butuh kurang lebih sekitar 1 – 2 ton bunga mawar segar. heheh dapet darimana segitu banyak bunga??? kalo di Indonesia belum ada yang membudidayakannya (setahu saya) untuk itu diriku dan teman teman mau menanam dikawasan cangkringan di utara merapi golf :

Ladang Mawar Damascena Aroma Kimia Industri

 

Sekarang kita bandingkan dengan ladang mawar yang sudah berkembang di bulgaria :

Ladang bunga di Bvlgaria

Mohon doa restu temen – temen sekalian untu merubah lereng merapi menjadi pemandangan seperti gambar diatas ini hehehhe…..

33 thoughts on “Berburu Rosa Damascena

    • Salam kenal Mas, saya dari Jakarta. Saya tertarik untuk menanam bunga Mawar Damaskus Rosa Damascena di Bogor, boleh saya minta nomor Hp Mas Martsiano untuk ngobrol langsung? Ini Hp saya 0852 1843 5908, saya tunggu kabarnya, Matur Nuwun Mas.

      • plan itu sudah lama sekali pak Crishtoper, tapi kalau di bogor arah puncak saya rasa masih cocok. perkaranya adalah jalur pemasarannya

  1. Bangsa ini emang btuh manusia2 kyak km bos…., smoga mimpi untuk merubah lereng merapi menjadi kenyataan… FIGHT TILL DIE lah pokoknya…^_^
    Semangat bos…..!!!!!

  2. keep fighting bro….rasengan…shishirenda…….chidorii….
    wah pokok e keren mas nek jadi…..never be beated by any fails that intervene u…

  3. Wah bakal wangi banget nih klo jd ladang mawar damacena ditepi Gunung Merapi.Smoga sukses ya.
    Klo boleh tanya, yg sdh coba distill melati sambac, pakai mesin dari mana ? Hasil distill nya bagus? Brp yieldnya ?
    Berapa harga mesin kapasitas yg paling kecil lengkap dg kompornya ?
    Thanks banyak ya.

  4. Mas Ano, kenalkan, saya bu Norna, tinggal di Jakarta Timur.

    Apakah kebunnya sudah oke?
    Saya juga pengeeen banget nanam mawar damascena ini. Saya pengen juga bikin bukit berbunga mawar di suatu bukit di Bogor.

    Tolong dong mas Ano, saya mau nempil beberapa potong, kalau boleh 100 pohon, kalau enggak yaaa, berapa aja deh terserah
    No tlp saya 02171024300

  5. mas ano, kebunnya udah ok blum ni ? kalo udah udah, bibit damscena di jabotabek yang jual dimana ya ? saya jg lg mau berkebun damascena ni,

    RGD
    FNI

  6. Mas Ano, dita juga pengen tanam mawar damascena. Tapi kalo beli bibit di luar negeri lewat internet dita ga ngerti dan takut. Jadi dita minta tolong, mas Ano saja yang beli di luar negeri. Nanti dita beli dari mas Ano. Kayanya banyak juga selain Dita yang berminat. Kita rela kok kalau mas Ano ambil untung.

    Trims. Dita tunggu ya

  7. Boleh tau, dimana dapet bibit mawar ini? Kalo ditanam di daerah yg panas macaam Solo, hidup ga? (soalnya sayang jg, mahal2 eh taunya mati abis ditanem ^_^)…saya cari mawar yg baunya harum tajam, bukan spt mawar yg dijual di toko2 tanaman hias, yg biasanya kurang atau ga wangi sama sekali.
    Ohya, apkaah adik tahu juga dimana bisa dapet bibit mawar kampung? biasanya pohonnya byk duri yg tajam, baunya harum, biasa utk bunga tabur. saya berminat jg, tapi ga byk.

    • saya beli bibit ini dari bulgaria Ibu, cuman sayang mati semua akibat lahar dingin merapi kemarin. kurang cocok di udara panas, saya sarankan kalo mau tanam mawar ini di daerah tawang mangu saja.kalo awar kampung coba Ibu ke daerah Mliwis atau cepogo di boyolali banyak penanam mawar

  8. Gile mas…wawasan smpyn kok luas banget…baru ini td masuk ke wall njenengan,langsung kepincut…thanks buat tambahan2 referensinya…smpyn tak jadikan master motivasi buatq… suk mben yen sempat maen2 tak usahakan mampir ke njenengan…skrg smpyn lg repot ngurusin apa lagi?…sukses brow…

  9. gmn mas, tawarannya dita mengenai penyediaan rosa damascenanya soalnya pusing plus ribet saya cari yg jual diluar negeri, saya juga mau titip ke mas ano kalo ada stok.

    Trims

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s